Tekanan Akibat Data Inflasi Mereda, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat

Anggie Ariesta ยท Senin, 04 Juli 2022 - 07:54:00 WIB
Tekanan Akibat Data Inflasi Mereda, IHSG Hari Ini Berpotensi Menguat
Ilustrasi pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Senin (4/7/2022), berpotensi menguat dan berada di kisaran level 6.711-6.921.

Penguatan IHSG dipicu meredanya tekanan jual akibat sentimen negatif terhadap rilis data inflasi, sehingga mendorong investor kembali masuk ke pasar modal. 

Hal itu, juga didorong sejumlah sentimen positif, antara lain rilis laporan keuangan emiten semester I 2022 dan kembali berjalannya sektor riil yang menggairahkan perekonomian. 

CEO PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, mengatakan  menyongsong laporan kinerja emiten sepanjang semester I 2022 akan cukup memberikan sentimen positif bagi pola pergerakan IHSG. 

"Kinerja emiten diperkirakan akan mengalami peningkatan mengingat mulai kembali berjalannya keadaan sektor riil di tengah perlambatan perekonomian dan pemulihan keadaan perekonomian pasca pandemi dengan harapan keadaan yang berlangsung semakin membaik," ujar William dalam risetnya, dikutip Senin (4/7/2022).

Menurut dia, hal ini tentunya dapat memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG sepanjang perdagangan pekan ini. Sebelumnya, IHSG selama sepekan ditutup tertekan sebesar 3,53 persen di level 6.794,328 dari 7.042,937 pada penutupan pekan sebelumnya.

Rata-rata nilai transaksi harian Bursa selama sepekan juga anjlok sebesar 29,79 persen sebesar Rp12,169 triliun dari Rp17,332 triliun pada pekan sebelumnya.

Berikut beberapa saham yang dapat menjadi pilihan pada perdagangan hari ini:
- JSMR
- HMSP
- UNVR
- TLKM
- TBIG
- BBCA
- BBNI
- SMRA
- ASRI
- PWON.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda