Cegah Perjokian CPNS, BKN Siapkan Fitur Face Recognition

Dita Angga · Kamis, 25 Maret 2021 - 10:06:00 WIB
Cegah Perjokian CPNS, BKN Siapkan Fitur Face Recognition
Ilustrasi seleksi CPNS. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih terus mempersiapkan pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS), calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan sekolah kedinasan. Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, salah satunya adalah mencegah terjadinya kecurangan atau percaloan dalam seleksi penerimaan aparatur sipil negara (ASN) tersebut.

“(Kami) akan tetap menjaga kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi ASN, termasuk mencegah terjadinya tindak kecurangan atau percaloan,” ujarnya dikutip dari pers rilis Humas BKN, Kamis (25/3/2021).

Untuk mengantisipasi hal itu, Bima mengatakan, tengah mempersiapkan fitur tambahan pada sistem CAT BKN yakni face recognition. “Face recognition yang diperuntukkan untuk mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian, sehingga dapat meminimalkan adanya percaloan dalam pelaksanaan ujian,” katanya.

Seperti diketahui pada seleksi CPNS 2019 yang dilaksanakan tahun lalu terjadi praktik kecurangan dalam pelaksanaan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS. Kecurangan tersebut ditemukan dalam aksi perjokian.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2