10 Manfaat Menakjubkan Minum Bir, Mencegah Kanker hingga Stroke

Nanang Wijayanto · Rabu, 07 Maret 2018 - 10:45:00 WIB
10 Manfaat Menakjubkan Minum Bir, Mencegah Kanker hingga Stroke
Manfaat minum bir bagi kesehatan. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id – Musim panas tentu semua orang sedang bersantai dengan sebotol bir.  Bir sendiri merupakan minuman yang berkhasiat membantu mendinginkan tubuh selama musim panas.

Bir adalah minuman beralkohol yang paling populer dikonsumsi di kalangan remaja. Bir diseduh dari biji-bijian sereal yang bertanggung jawab atas nilai nutrisinya.

Orang biasanya minum bir dengan mengunyah makanan ringan. Bir memiliki kandungan protein dan vitamin B yang tinggi daripada anggur dan kandungan antioksidannya sama dengan anggur.

Bir juga kaya akan mineral yang mengandung sejumlah besar magnesium, selenium, kalium, fosfor, dan biotin. Ini berperan dalam berbagai proses metabolisme dan meningkatkan kesehatan Anda dengan catatan minum sesuai aturan dan tidak diminum secara berlebihan.

Berikut manfaat minum bir bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (7/3/2018).

Mencegah Kanker

Bir mengandung senyawa flavonoid yang berperan penting dalam kemoprevensi kanker, termasuk kanker prostat.

Bir juga merupakan sumber polifenol yang terbukti efektif dalam melawan kanker.

Mencegah Anemia

Bir adalah sumber vitamin B12 dan asam folat yang sangat baik. Kekurangan vitamin ini menyebabkan anemia. Kehadiran vitamin B12 dapat menangkal penyakit lain dan sangat penting untuk menjaga pertumbuhan, konsentrasi dan ingatan yang normal.

Mencegah Penuaan

Tahukah Anda bahwa bir dapat menunda penuaan? Ya memang benar bir meningkatkan potensi dan dampak vitamin E, yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Vitamin E diperlukan untuk perawatan kulit yang sehat dan memperlambat proses penuaan.

Mengurangi Risiko Masalah Ginjal

Terkadang batu empedu atau batu ginjal terbentuk karena dehidrasi. Jadi, mengonsumsi bir bisa mengurangi risiko masalah ginjal. Tapi pastikan Anda minum bir dalam jumlah terbatas.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak mulai berkurang. Otak adalah organ penting yang meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan fungsi lainnya. Konsumsi bir mengurangi risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Minum bir secara teratur mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30 persen. Bir juga memiliki efek anti-pembekuan yang baik yang membantu menjaga agar pembuluh darah tetap bersih.

Jika Anda minum bir dalam jumlah terbatas, ini bisa membantu mengurangi pembekuan darah.

Mengurangi Risiko Diabetes

Jika Anda minum bir dalam jumlah terbatas, dapat menurunkan risiko diabetes. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi bir moderat dapat mencegah diabetes tipe 2 juga, dimana diketahui menurunkan kadar gula darah.

Menurunkan Tekanan Darah

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang minum bir memiliki nilai tekanan darah normal.

Ini berarti bir mencegah lonjakan tekanan darah tinggi. Jadi, jika Anda menderita tekanan darah tinggi, Anda bisa minum 1-2 gelas.

Mencegah Stroke

Para periset telah menemukan bahwa jumlah konsumsi bir yang terbatas membantu mencegah pembekuan darah, yang bertanggung jawab untuk menghalangi aliran darah ke jantung dan organ tubuh lainnya.

Tulang Kuat

Bir jika diminum dalam jumlah terbatas dapat meningkatkan kesehatan tulang yang baik karena kandungan silikonnya. Silikon membantu merangsang sel-sel pembangunan tulang dan efek estrogenik sehingga bir dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Editor : Nanang Wijayanto

Bagikan Artikel: