Asupan 7 Vitamin Berikut Bisa Lawan Stres dan Kecemasan

Diana Rafikasari · Rabu, 10 Maret 2021 - 05:54:00 WIB
Asupan 7 Vitamin Berikut Bisa Lawan Stres dan Kecemasan
Kebutuhan vitamin bisa didapat dari makanan. (Foto: Harvard.Edu)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa vitamin dan mineral yang diketahui dapat melawan stres dan kecemasan. Menurut ahli gizi selebriti, Manisha Chopra, otak membutuhkan vitamin agar berfungsi secara efektif. 

Mereka berdampak besar pada kesehatan mental. Jika tubuh kekurangan vitamin, Anda mengalami masalah neurologis dan masalah yang berkaitan dengan kesehatan emosional.

“Vitamin dan mineral dapat membantu Anda mengelola berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan mental seperti depresi, stres, kecemasan, dan bahkan perubahan suasana hati. Mereka juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan otak," ujar Chopra.

Berikut tujuh vitamin dan mineral yang dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan dilansir dari Healthshots, Rabu (10/3).

1. Vitamin B

Dapatkan asupan vitamin B dari makanan seperti telur, polong-polongan, produk susu, sayuran berdaun, biji-bijian dan daging kaya akan vitamin B. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi vitamin ini saat perut kosong di pagi hari sebanyak 2,4 mcg per hari. 

Vitamin B membantu menyeimbangkan kadar gula darah, yang pada akhirnya mengurangi kecemasan. Ini juga berperan dalam sintesis serotonin, yang membantu mengurangi depresi dan kecemasan.

2. Vitamin D

Secara alami vitamin D bisa didapat dari Sinar matahari, kuning telur, ikan berminyak dan daging merah. Vitamin jenis ini idealnya dikonsumsi sebanyak 1000-2000 IU per hari. 

Vitamin D ikut membantu otak tetap sehat, dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit mental. Jenis bitamin ini mengandung biokimia seperti hormon, yang membantu mempertahankan fungsi otak.

3. Vitamin C

Anda bisa mendapatkan sumber alami vitamin C yang terdapat pada jeruk, stroberi, brokoli, paprika, bayam, kiwi, dan kangkung. Konsumsi 40 mg vitamin C setiap hari saat perut kosong baik untuk kesehatan. Vitamin C membantu mencegah kerusakan oksidatif di sistem saraf. Kerusakan oksidatif meningkatkan kecemasan. Vitamin C membantu mengurangi stres fisik dan psikologis.

4. Magnesium

Konsumsi makanan seerti quinoa, gandum utuh, kacang mete, bayam, cokelat hitam, almond, dan kacang hitam yang mengandung magnesium. Konsumsi magnesium 400 mg kapan saja dapat memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga fungsi otak serta suasana hati. Selain itu, magnesium  juga membantu mengurangi kecemasan. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko depresi.

5. Selenium

Anda bisa mendapatkan selenium pada makanan laut, sereal dan biji-bijian, produk susu. Konsumsi selenium sebanyak 55 mcg dengan cara diminum kapan saja dipercaya membantu dalam mengurangi risiko pengembangan depresi dan gejala yang berhubungan dengan kecemasan.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2