Cegah Virus Corona, Ini Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh saat Work From Home

Siska Permata Sari · Rabu, 25 Maret 2020 - 11:49 WIB
Cegah Virus Corona, Ini Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh saat Work From Home

Olahraga tetap bisa dilakukan saat WFH. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Angka kasus positif virus corona baru (Covid-19) di Indonesia semakin tinggi. Berdasarkan data terbaru per Selasa (24/3/2020), angka pasien positif virus korona telah mencapai 686.

Pemerintah belum lama ini juga mengeluarkan imbauan bagi para pekerja untuk tetap di rumah dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sebagian besar perusahaan terutama di Jakarta juga telah memberlakukan hal tersebut.

Namun, social distancing dan work from home cenderung membuat seseorang memiliki gaya hidup kurang gerak. Sebuah studi menunjukkan, gaya hidup kurang gerak dapat menurunkan imunitas tubuh. Padahal di masa-masa ini, imunitas tubuh sangat penting untuk mencegah virus corona.

Nah, berikut cara-cara agar tetap sehat dan aktif selama WFH, seperti dirangkum dari rilis Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), yang diterima iNews.id, Rabu (25/3/2020).

1. Latihan aerobik

Latihan ini bisa dilakukan di dalam ataupun luar ruangan. Namun, tetap mengutamakan social distancing dan free touch activity.

Jalan cepat sekeliling rumah atau naik turun tangga di dalam rumah selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali per hari. Dancing, senam aerobik via YouTube atau lompat tali.

2. Latihan Kekuatan Otot

Latihan kekuatan otot ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi di smartphone. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan seperti squat (jongkok-berdiri), lunges, dan push-up.

3. Stretching Break

Selama bekerja, hindari untuk duduk sepanjang hari. Sebaiknya, lakukan peregangan setiap dua jam sekali. Lakukan peregangan statis dengan menahannya selama 10-15 detik.


Editor : Tuty Ocktaviany