Kenali Faktor Risiko Kanker Usus, Mulai dari Genetik hingga Jenis Kelamin

Siska Permata Sari · Selasa, 09 Agustus 2022 - 21:30:00 WIB
Kenali Faktor Risiko Kanker Usus, Mulai dari Genetik hingga Jenis Kelamin
Kenali faktor risiko kanker usus (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Risiko kanker usus atau kanker kolorektal bisa meningkat akibat sejumlah faktor. Anda perlu mengenali faktor kanker usus. Apa saja faktor risiko kanker usus? 

Seperti diketahui, kanker usus atau kolorektal merupakan kanker yang menyerang usus besar dan atau rektum. Di Indonesia, angka kejadian kanker ini masuk dalam urutan ke-enam tertinggi, yaitu terdapat sekitar 17.000-an penderita baru tiap tahunnya, menurut data Globocan 2020.

Kanker usus ini terjadi ketika ada mutasi abnormal pada sel-sel di usus. Penyebab mutasi ini bisa dipicuh oleh beberapa faktor. Pada dasarnya, faktor risiko pada segala jenis kanker,  termasuk kanker kolorektal tetap sama. Ada faktor yang tidak dapat dimodifikasi seperti genetik, jenis kelamin, dan usia, serta faktor gaya hidup yang bisa dimodifikasi.

Meskipun ada beberapa faktor risiko yang dapat dimodifikasi, tetapi ada pula yang tidak. Semua faktor tersebut tidak dapat dipisahkan karena saling mempengaruhi satu sama lain. 

Demi mengurangi risiko Anda terkena kanker usus, sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa meningkatkan kanker usus. Berikut faktor risiko kanker usus seperti dirangkum pada Selasa(9/8/2022).

Genetik

Faktor risiko kanker usus di urutan pertama adalah genetik. Seperti sudah banyak diketahui, risiko kanker meningkat ketika seseorang mempunyai riwayat genetik dari orangtuanya. Anda perlu mencari tahu apakah orangtua atau kakek dan nenek Anda ada yang pernah mengalami kanker.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda