Gangguan Mental Rentan Jadi Pandemi Global Setelah Covid-19

Muhammad Sukardi ยท Sabtu, 10 April 2021 - 19:12:00 WIB
Gangguan Mental Rentan Jadi Pandemi Global Setelah Covid-19
Gangguan mental bisa jadi pandemi setelah Covid-19. (Foto: Cedar-Sinai.org)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 begitu memengaruhi kehidupan manusia. Bukan hanya fisik yang diserang, tapi juga mental. Bahkan, studi terbaru mengumumkan bahwa masalah kesehatan mental akan jadi pandemi setelah Covid-19 teratasi.

Masalah kesehatan mental yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 akan menjadi pandemi berikutnya, kata sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Barcelona Institute for Global Health (ISGlobal) awal April 2021.

"Kesehatan mental masyarakat telah diserang secara bersamaan oleh berbagai mekanisme dan tindakan segera diperlukan," kata penulis dalam laporan studinya.

Biaya ekonomi global yang terkait dengan masalah kesehatan mental telah meningkat hingga satu triliun dolar AS setahun dan 85 persen dari mereka yang mengalami gangguan mental tidak dapat menerima perawatan di negara-negara miskin dan berpenghasilan menengah, menyebabkan krisis global yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Pandemi Covid-19 tak hanya memengaruhi kesehatan masyarakat, tetapi memengaruhi tujuan hidup seseorang, dinamika keluarga, peran di tempat kerja, dan stabilitas ekonomi," ujar peneliti.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2