Jaga Kesehatan Tulang dengan Aktivitas Fisik Sederhana Selama 30 Menit

Vien Dimyati · Sabtu, 10 April 2021 - 17:07:00 WIB
Jaga Kesehatan Tulang dengan Aktivitas Fisik Sederhana Selama 30 Menit
Menjaga kesehatan tulang (Foto: The Polyclinic)

JAKARTA, iNews.id - Sebelum memasuki usia lansia, ada baiknya untuk selalu beraktivitas fisik. Tujuannya menjaga kesehatan tulang sebagai investasi kesehatan.

Tidka harus berlama-lama, Anda cukup butuh waktu 30 menit untuk beraktivitas fisik sederhana. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan bisa bersepeda, jalan kaki, hingga membersihkan rumah.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan Riskiyana Sukandhi Putra mengatakan, menurut WHO, 1 dari 4 orang dewasa dan 3 dari 4 remaja umur 11-17 tahun tidak memenuhi standar aktivitas fisik yang dianjurkan.

Sementara, di Indonesia berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018, sebanyak 33,5% masyarakat kurang aktivitas fisik. Dalam situasi pandemi Covid-19 masyarakat dianjurkan menjalani aktivitas dari rumah saja, hal ini memicu gaya hidup sedentari dan kurang aktivitas fisik. 

"Kita tahu gaya hidup sedentari berisiko menyebabkan penyakit tidak menular seperti hipertensi, stroke, diabetes, penyakit jantung, dan lainnya. Meskipun dalam situasi pandemi, perilaku hidup sehat aktif harus tetap dilakukan karena investasi kesehatan jantung, paru dan termasuk juga kesehatan tulang, sendi, otot sejak usia dini sangat penting," kata dr Riskiyana, melalui keterangan virtualnya, belum lama ini.

Menurut dr. Riskiyana, Indonesia berkomitmen untuk mendukung GAPPA (Global Action Plan for Physical Activity) melalui Rencana Aksi Nasional Pembudayaan Aktivitas Fisik dengan target terjadi penurunan jumlah masyarakat di Indonesia yang kurang aktivitas fisik menjadi 28,5 % pada 2035. Upaya ini tentu melibatkan lintas sektor terkait dan tenaga kesehatan yang ada.

"Untuk melawan gaya hidup sedentari, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari 3 sampai 5 kali per minggu. Aktivitas fisik untuk melawan gaya hidup sedentari dapat dilakukan di mana saja, termasuk saat di rumah saja selama pandemi," kata dia.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3