Jangan Anggap Sepele, 3 Masalah Gizi Ini Intai Remaja Indonesia

Siska Permata Sari ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 17:05:00 WIB
Jangan Anggap Sepele, 3 Masalah Gizi Ini Intai Remaja Indonesia
Biasakan konsumsi sayuran agar tubuh jauh dari masalah penyakit. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami triple burden of malnutrition. Di antaranya kelebihan gizi, kekurangan gizi dan defisiensi mikronutrien, yang ketiganya turut dialami oleh generasi muda atau remaja.

Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan, Dr RR Dhian Probhoyekti Dipo, mengungkapkan satu dari empat remaja mengalami stunting. Kemudian satu dari tujuh remaja mengalami kelebihan berat badan.

Selain stunting dan kelebihan berat badan atau obesitas, masalah gizi lainnya yang dihadapi remaja Indonesia adalah anemia. Ini merupakan bentuk defisiensi mikronutrien.

“Dua sampai tiga dari 10 remaja kita, itu menderita anemia,” tutur Dhian dalam acara ‘Remaja Bebas Anemia dan Stunting Kunci Masa Depan’ yang digelar virtual pada Jumat (22/1/2021).

Mengutip dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, ada 26 persen kelompok masyarakat usia 5-14 tahun yang mengalami anemia. Kemudian ada 32 persen lainnya di kelompok masyarakat usia 15-24 tahun yang mengalami anemia.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2