Mengenal Pengobatan Stem Cell Mesenkimal yang Turunkan Tingkat Kematian Pasien Covid-19 Kritis

Muhammad Sukardi · Sabtu, 12 Juni 2021 - 09:27:00 WIB
Mengenal Pengobatan Stem Cell Mesenkimal yang Turunkan Tingkat Kematian Pasien Covid-19 Kritis
Seorang dokter tengah melakukan pengobatan kepada pasien Covid-19. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Saat ini pengobatan Covid-19 semakin berkembang, terbaru ada penggunaan stem cell Mesenkimal asal tali pusat. Terapi ajuvan ini bahkan terbukti mampu menurunkan risiko kematian pada pasien Covid-19 kondisi kritis. 

Stem cell atau sel punca Mesenkimal yang dimasukkan ke dalam tubuh pasien diketahui memberi manfaat luar biasa bagi tubuh. Tercatat dalam studi yang diterbitkan di Stem Cell Translational Medicine Journal (SCTM) pada 8 Juni 2021, ada tiga potensi yang dihasilkan dari terapi ini. 

"Pertama adalah antiinflamasi, adanya efek parakrin, dan imunoregulasi, yang mana fungsi ini membuat pasien Covid-19 derajat kritis mendapatkan kesehatan dan penanganan Covid-19 yang lebih baik," terang Peneliti Utama Prof.Dr.dr. Ismail Hadisoebroto, SpOT(K), dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

Secara lebih detail, pada tubuh pasien Covid-19 kondisi kritis terjadi yang namanya badai sitokin. Kondisi ini menyebabkan inflamasi yang hebat pada bagian paru-paru yang lama kelamaan menyebabkan fibrosis. 

Saat fibrosis tidak tertangani dengan baik, ini akan menjadi masalah menahun di kemudian hari. 

“Nah, ketika terapi stem cell ini diberikan ke pasien, stem cell bekerja dengan menekan badai sitokin sehingga terjadi keseimbangan kembali karena stem cell tersebut bersifat antiinflamasi," kata Prof Ismail. 

Bukan hanya itu, stem cell yang dimasukkan ke tubuh pasien Covid-19 kondisi kritis ini pun memproduksi beberapa protein 'growth factor' yang akhirnya secara alami memperbaiki jaringan di area paru yang mengalami fibrosis. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: