Mitos atau Fakta Penderita Diabetes Harus Olahraga 30 Menit Tiap Hari, Ini Penjelasan Ahli

Elvira Anna · Minggu, 14 Agustus 2022 - 16:50:00 WIB
Mitos atau Fakta Penderita Diabetes Harus Olahraga 30 Menit Tiap Hari, Ini Penjelasan Ahli
Ilustrasi olahraga yoga yang aman dilakukan untuk penderita diabetes. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menjaga kesehatan di tengah wabah berbagai penyakit, sangat perlu. Pasalnya tubuh harus memiliki kekebalan untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh virus atau karena gaya hidup seperti diabetes

Salah satu cara yang paling ampuh melawan penyakit selain makan bergizi dan istirahat cukup adalah olahraga. Sejak zaman dahulu olahraga menjadi satu-sarunya cara membuar tubuh tetap bugar.  

"Satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi hari sakit. Caranya dengan olahraga teratur," kata David Nieman, DrPH, direktur Lab Kinerja Manusia di Appalachian State University, dilansir WebMD, Minggu (14/8/2022). 

Sementara bagi penderita diabetes, khususnya orang tua berusia lanjut, selain menjaga asupan makanan sehari-hari, berolahraga bisa menjadi salah satu penghalang diabetes. Berdasarkan diabetesjournals.org, olahraga meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe. Olahraga yang rutin juga dapat mencegah atau menunda terjadinya diabetes tipe 2. 

Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang paling sering dijumpai. Diabetes tipe 2 terjadi akibat hormon insulin tidak dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya. Diabetes tipe 2 umum dijumpai pada orang tua, sebagai akibat dari gaya hidup yang asal-asalan. 

Sering muncul pertanyaan, apakah orang tua dengan penyakit diabetes masih boleh beraktivitas di luar ruangan, atau berolahraga? Jawabannya adalah boleh! Selama olahraga yang dijalani cukup ringan dan disesuaikan dengan kemampuan fisik.  

Untuk penderita diabetes khususnya orang tua, disarankan berolahraga maksimal 30 menit setiap hari. Beberapa ini rekomendasi olahraga ringan untuk orang tua : 

1. Jalan sehat 30 menit sehari 

2. Yoga 

3. Senam kesegaran jasmani 

4. Berenang 

" Ingat olahraga tetap menjadi langkah baik untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, terutama bagi para penderita diabetes. Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes, olahraga memberikan dampak kesehatan yang baik bagi siapa saja," kata Dennis Hadi selaku Founder BioAlpha. 

Tak hanya olahraga, orang tua yang menderita diabeteas juga bisa mengonsumsi suplemen Sopalpha dari BioAlpha untuk melawan penyakit degeneratif. Suplemen juga bisa membantu penderita diabetes menjaga gula darah tetap normal, dengan merangsang hormon IGF-1 di dalam
tubuh. 

Jadi tak perlu takut untuk berolahraga, meski Anda adalah penderita diabetes.

Editor : Elvira Anna

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda