Pakar: Orang Sehat Pakai Masker justru Tingkatkan Risiko Kena Virus Korona

Fiki Juliadi ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 20:24 WIB
Pakar: Orang Sehat Pakai Masker justru Tingkatkan Risiko Kena Virus Korona

Menurut para pakar, orang sehat menggunakan masker justru akan meningkatkan risiko terkena virus korona. (Foto: ilustrasi/AFP).

JAKARTA, iNews.id - Persebaran virus korona (Covid-19) membuat banyak orang kini berburu masker sebagai upaya pencegahan. Namun menurut pakar, mengenakan masker bukan langkah tepat dalam menangkis virus tersebut.

Eli Perencevich, seorang profesor epidemiologi kedokteran dari Fakultas Kedokteran Universitas Iowa, Amerika Serikat mengatakan, orang sehat tidak perlu panik apalagi sampai menggunakan masker wajah, masker bedah dan masker N95.

"Orang yang sehat tidak membutuhkan masker, dan bahkan tidak seharusnya menggunakan masker," kata ahli penangkal infeksi virus ini menyikapi maraknya penggunaan masker menangkal virus korona, dikutip dari Forbes, Selasa (3/3/2020).

Menurut Perencevich, tidak ada faktor yang dapat membuktikan bahwa orang sehat yang menggunakan masker dapat terlindungi dari serangan virus dan infeksi. Bahkan, mereka yang menggunakan masker dapat meningkatkan infeksi, karena mereka justru lebih sering menyentuh wajah.

Di Indonesia, menggunakan masker hanya disarankan bagi dua tipe orang sebagaimana disebut Kementerian Kesehatan.

Pertama, tipe seseorang yang sedang sakit atau flu. Kedua, tipe seseorang yang sedang dalam masa pemulihan dari sakit.

"Ketika kita dalam kondisi tersebut, maka kita harus menggunakan masker untuk pencegahan penyebaran virus," bunyi pernyataan Kemenkes di akun Instagram resmi mereka, Senin (2/3/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan, berdasarkan keputusan WHO, masker hanya disarankan bagi mereka yang sakit saja, yang sehat tidak perlu memakai masker.

"Yang sehat nggak usah pakai (masker). Percuma juga," katanya. Dia justru menyarankan orang sehat menjauhi orang sakit agar tidak tertular.

"Kalau yang sehat pakai (masker) juga percuma. Dia nanti pegang-pegang, tangannya, dan sebagainya. Tetap saja bisa kena," katanya.

Adapun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) berpesan terutama bagi seseorang yang sakit, sebaiknya tetap berada di rumah, menghindari kontak dekat dengan orang lain.

Bagi yang sehat, tidak perlu berlebihan menggunakan masker. Intinya, selalu cuci tangan dengan air dan sabun yang mengandung antiseptik atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen. 

Selain itu, hindari menyentuh benda yang kotor dan juga selalu bersihkan benda yang kerap disentuh orang lain.

Editor : Zen Teguh