Sakit Kepala Setelah Vaksinasi, Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya

Wilda Fajriah · Sabtu, 06 Maret 2021 - 13:58:00 WIB
Sakit Kepala Setelah Vaksinasi, Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya
Pusing dan sakit kepala merupakan salah satu efek yang paling sering dialami seseorang setelah divaksinasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Program vaksinasi telah berlangsung di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Vaksinasi bisa saja menimbulkan efek samping, tapi tidak pada semua orang.

Pusing dan sakit kepala merupakan salah satu efek yang paling sering dialami seseorang setelah divaksinasi. Gejala lain juga terjadi seperti demam atau menggigil, bahkan terkadang seperti sedang melawan infeksi ringan. 

Namun apa yang membuat sakit kepala menjadi efek samping vaksin yang menonjol? Apakah ada cara untuk mengatasinya? Melansir dari Times of India, jika Anda baru saja menerima dosis vaksin Covid-19 dan mengalami sakit kepala, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Nyatanya, sakit kepala merupakan salah satu efek samping vaksin yang umum terlihat dan tercatat dan telah terdaftar di lembar fakta vaksin. Sama halnya efek samping lainnya, sakit kepala juga merupakan tanda efek samping reaktogenik ringan yang terasa seperti tubuh meniru infeksi virus.

Vaksin mendorong sistem kekebalan memberikan respons yang bersemangat dengan mengajarkannya untuk melawan penyakit di masa depan. Pada gilirannya, hal ini dilakukan ketika virus menipu sistem kekebalan untuk mengira ada patogen di dalam dan meniru beberapa gejala, seperti sakit kepala.

Di beberapa varian vaksin yang mengandung strain virus yang hidup atau lemah, mengalami efek samping sementara, termasuk sakit kepala menjadi lebih umum. Menurut para ahli dan orang yang telah menerima dosis vaksin, kemungkinan timbulnya sakit kepala paling tinggi akan dialami setelah dosis vaksin kedua.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2