Selain Hipertensi Diet Garam Bisa Cegah Obesitas, Ini Penjelasan Pakar 

Elvira Anna · Kamis, 27 Januari 2022 - 15:37:00 WIB
Selain Hipertensi Diet Garam Bisa Cegah Obesitas, Ini Penjelasan Pakar 
Diet garam dipercaya bisa atasi masalah hipertensi dan mencegah obesitas. (foto: ilustrasi istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Merayakan Hari Gizi Nasional ke-62 Kementerian Kesehatan baru saja mengkampanyekan aksi bersama cegah stunting dan obesitas. Kedua hal ini ternyata masih menjadi permasalahan di Indonesia, khususnya terkait obesitas. 

Data Riskesdas terbaru pada 2018 menunjukkan 21,8 persen masyarakat Indonesia mengalami obesitas. Jika dibiarkan, diprediksi angka obesitas dapat mencapai 40 persen pada 2030. Artinya hampir 1 dari setiap 2 orang dewasa di Indonesia akan mengalami obesitas. 

Kondisi ini harus segera ditangani karena obesitas dikaitkan dengan sejumlah penyakit, seperti lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

“Prevalensi penyakit tidak menular di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Masyarakat harus mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Salah satu kuncinya adalah menjaga asupan gizi seimbang dengan bijak memakai garam. Perhatikan takaran gula, garam, dan lemak pada setiap masakan,” kata dr Rafael Nanda R, MKK dalam Health Talk & Virtual Tour yang diadakan oleh Ajinomoto Visitor Center, Kamis (27/1/2022).

Tak dipungkiri, garam memegang peranan penting dalam memberikan rasa lezat pada makanan. Garam juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Manfaat garam atau sodium adalah menjaga keseimbangan cairan di tubuh, dan berperan dalam menjaga fungsi saraf serta otot. 

Namun makanan dengan kandungan garam yang tinggi cenderung membuat orang makan berlebih, sehingga mengarah pada obesitas dan penyakit lainnya seperti hipertensi. Selain itu, konsumsi garam yang tinggi dapat menyebabkan tingginya kadar natrium di dalam darah. 

Badan kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) menganjurkan batas konsumsi aman garam per hari untuk orang dewasa adalah maksimal 5 gram atau kurang dari satu sendok teh. Harus diingat penting untuk menjaga asupan garam agar tubuh tetap mendapatkan manfaatnya tanpa menimbulkan berbagai risiko penyakit.

Editor : Elvira Anna

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: