Wabah Virus Corona, Ini Waktu Terbaik Berjemur dan Mendapatkan Vitamin D

Siska Permata Sari ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 17:02 WIB
Wabah Virus Corona, Ini Waktu Terbaik Berjemur dan Mendapatkan Vitamin D

Pukul 10.00 waktu yang tepat untuk berjemur. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Berjemur di bawah sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D yang baik bagi tubuh Anda. Vitamin satu itu sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh Anda, terlebih di tengah penyebaran virus korona (Covid-19).

Di lain sisi, kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk seperti osteoporosis, kanker, depresi, kelemahan otot, bahkan kematian.

Selain itu, hanya ada sedikit makanan yang mengandung vitamin D, sehingga terpapar sinar matahari adalah ide yang bagus untuk mencukupi vitamin D tersebut.

Terlebih di masa-masa penyebaran virus korona, di mana memaksa sebagian masyarakat untuk tetap berada di rumah dan melakukan social distancing.

“Kalau berjemur, itu kayaknya enggak apa-apa, kan bisa kalau di halaman rumah. Tetapi kalau mau ke luar rumah, harus ingat untuk menerapkan social distancing,” kata Dr Reisa Broto Asmoro dalam talk show tentang pandemi Covid-19, Selasa 24 Maret 2020.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk berjemur?

Menurut laporan Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), kebanyakan orang dapat membuat cukup vitamin D dari berjemur setiap hari dalam waktu singkat dengan lengan, tangan atau kaki bagian bawah terbuka dan tanpa tabir surya.

Sinar matahari yang baik di akhir Maret atau awal April hingga akhir September, terutama dari jam 10.00 sampai 15.00. Paparan sinar matahari ke kulit juga tidak boleh lebih dari 15 menit, kecuali jika setelah 15 menit berjemur Anda mengenakan sunscreen.


Editor : Tuty Ocktaviany