Ilmu Tajwid

Contoh Hukum Bacaan Ikhfa Haqiqi

Kastolani · Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:56:00 WIB
Contoh Hukum Bacaan Ikhfa Haqiqi
Contoh hukum bacaan Ikhfa Haqiqi. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Contoh hukum bacaan Ikhfa Haqiqi penting diketahui agar bisa membaca Alquran dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid. 

Pengertian Ikhfa Haqiqi artinya menyembunyikan atau bisa juga berarti menyamarkan. Di dalam ilmu tajwid, hukum ikhfa haqiqi ini terjadi apabila ada Nun disukun ( نْ ) dan juga tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ), baik itu fathah tanwin, kasrah tanwin dan juga dhomah tanwin kemudian di belakangnya terdapat  huruf hijaiyah yang berjumlah 15 yaitu :

ت – ث – د – ذ – ز – س – ش – ص – ض – ط – ظ – ف – ق – ك. (Ta, Ts, Dal, Dzal, Zai, sin, Syin, shad, dhad, tha, dha, fa, qaf dan kaf).

Ke-15 huruf hijiayiah di atas tersebut tidak mengandung tasydid dan kita harus membacanya dengan dengung [ghunnah].

Ikhfa Haqiqi maknanya adalah menyamarkan atau menyembunyikan huruf Nun Sukun ( نْ ) ataupun juga tanwin (fathah tanwin ( ــٌــ), kasrah tanwin ( ــٍــ), dhomah tanwin ــًــ ) masuk ke dalam huruf hijaiyah yang berada di belakangnya (sesudahnya). 

Cara membaca ikhfa’ haqiqi yaitu dengan mengeluarkan suara نْ atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ dari dalam rongga hidung sampai dengan terlihat samar atau bisa juga menjadi suara “NG” atau “N” , sesudah itu disambut dengan dengung sepanjang 1 – 1 1/2 Alif atau bisa kurang lebih  2 – 3 harakat, kemudian setelah itu barulah  masuk untuk membaca huruf sesudah nun mati ataupun tanwin tersebut.

Contoh hukum bacaan ikhfa haqiqi:

مِن دُونِهِمَا : Bacaannya: Minnnn . . duunihimaa atau Minnnngduunihimaa.

 ت – مِنْ تَحْتِهَا = Minngtahtihaa

ث – ماَءًثَجَاجًا = Maa anngtsajaajan

ج – اَنْجَيْنَاكُمْ = anngjainaakum

Contoh Ikhfa Haqiqi Dalam Al Qur'an:

1. Surat An Naas ayat 4:

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

Minngsyarril waswaasil khonnaas.

2. Surat Al Falaq ayat 2

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

Minngsyarri maa kholaq.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: