Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Alif Lam, Pengertian serta Contohnya

Kastolani · Kamis, 09 September 2021 - 18:24:00 WIB
Hukum Bacaan Alif Lam, Pengertian serta Contohnya
Mengajarkan hukum bacaan alif lam sejak dini penting dilakukan agar bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Hukum bacaan Alif lam penting diketahui agar bisa membaca Al quran dengan baik dan benar. Bacaan alif lam (ال) adalah ketentuan membaca alif lam mati yang diikuti salah satu huruf hijaiyah.

Dalam ilmu tajwid, ada dua hukum bacaan alif lam. Yakni Alim Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah.

1. Alif lam syamsiyah 

Pengertian Alif lam syamsiyah adalah hukum bacaan alif lam (ال) yang apabila bertemu salah satu huruf syamsiyah. Hukum bacaannya disebut Idgham syamsiyah atau termasuk huruf lam syamsiyah. 

Huruf-huruf syamsiyah ada 14, yaitu :

ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن

Cara membacanya harus dimasukan atau diidghamkan kepada huruf syamsiyah atau dengan kata lain tulisannya tetap ada tetapi tidak dibaca alif lamnya.

Alif lam syamsiah dalam ilmu tajwid juga sering disebut dengan istilah Idgham Syamsiah yaitu bagian dari hukum Alif Lam Ta’rif yang berlaku ketika ada huruf Alif-Lam ( ال ) ketemu dengan satu dari 14 (empat belas) huruf hijaiyah. 

Dikutip dari ilmutajwid.id, Syamsiah berasal dari kata syams, yang artinya adalah matahari. Dalam kitab Alquran,  sifat-sifat dari Hukum Alif Lam Syamsiah tersebut berada dalam Tanda Tasydid yang terletak di atas huruf Syamsiah, yaitu tanda tasydid yang diberikan sebab terjadinya suatu hukum pertemuan antara huruf hijaiyah Alif-Lam dan Huruf Syamsiah.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: