Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Idgham Mimi, Pengertian serta Contoh Membacanya dalam Al Quran

Kastolani · Senin, 20 September 2021 - 09:48:00 WIB
Hukum Bacaan Idgham Mimi, Pengertian serta Contoh Membacanya dalam Al Quran
Hukum Bacaan Idgham Mimi dalam ilmu tajwid penting diketahui agar bisa membaca Al Quran dengan baik dan bnar. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Hukum Bacaan Idgham Mimi merupakan hukum tajwid yang terjadi khusus untuk huruf hijaiyah Mim Sukun ( مْ ) bertemu dengan huruf hijaiyah Mim yang mempunyai harakat [ مَ  مِ , مُ ]. 
 
Idgham Mimi dibaca dengan mendengung [makhraj) huruf hijaiyah mimnya jelas dan mengalun kurang lebih sekitar 2-3 harakat (1) Alif hingga 1 1/2 alif.

Pengerrtian Idgham menurut bahasa artinya memasukkan, memadukan atau meleburkan. Sedangkan Mitslain artinya dua huruf yang serupa atau kembar. Menurut istilah ilmu Tajwid idgham mitslain adalah memasukkan huruf mati ke dalam huruf hidup berikutnya seakan terdapat tanda tasydid.

Idgham Mimi juga disebut dengan Idgham Mitslain sebab terjadinya pertemuan dua huruf hijaiyah yang makhraj dan juga sifatnya adalah sama persis [identik], tetapi khusus bagi huruf hijaiyah Mim Sukun yang ketemu huruf Mim yang mempunyai harakat.  

Selain dari huruf hijaiyah Mim tersebut di atas, maka hukum yang berlaku bagi pertemuan 2 [dua] huruf yang sama yaitu huruf sukun dan huruf berharakat yaitu Hukum Mad Tamkin dan Hukum Idgham Mutamasilain.

Di dalam Al-Quran Al Kariim ayat yang mengandung hukum Idgham Mimi atau Mitslain telah ada tanda tasydidnya. Tasydid Idgham Mimi atau Mitslain merupakan Tasydid Hukum, yaitu sebuah tanda tasydid yang ada dan diberikan sebab terjadinya suatu hukum peleburan atau pertemuan.

Contoh hukum bacaan Idgham Mimi:

فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌۙ 

Mim mati bertemu mim tasydid. Dibaca Fii quluubihimmarodhoo. Terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 10.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: