Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Iqlab, Pengertian serta Contohnya Dalam Al Quran

Kastolani · Jumat, 17 September 2021 - 16:30:00 WIB
Hukum Bacaan Iqlab, Pengertian serta Contohnya Dalam Al Quran
Hukum bacaan Iqlab penting diketahui agar bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Hukum bacaan Iqlab yaitu salah satu bagian dari hukum bacaan nun mati atau tanwin. Dalam ilmu tajwid, hukum bacaan Iqlab terjadi ketika ada nun mati atau Nun Sukun ( نْ ) ataupun juga tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) bertemu dengan huruf hijaiyah Ba ( ب ) . Huruf Iqlab hanya satu yaitu ب (ba). 

Bacaan iqlab di dalam Al Quran biasanya sudah ditandai dengan huruf mim kecil ( م ) dan huruf tersebut diletakkan di atas antara نْ atau  ــًــ, ــٍــ, ــٌــ  dengan huruf ب .

Dikutip dari Buku Al Quran dan Hadis, Madrasah Tsnawiyah Kelas VII, Iqlab artinya membalik atau menukar yaitu menukar bunyi huruf nun sukun atau tanwin menjadi bunyi huruf mim mati  disertai dengung.  Secara harfiah, Iqlab mempunyai arti menggantikan atau mengubah sesuatu dari bentuk aslinya.

Cara membaca iqlab yaitu dengan menukar bunyi huruf nun sukun  atau tanwin menjadi bunyi huruf mim mati disertai dengung. Karena itu, ketika nun mati ataupun tanwin akan bertemu dengan huruf ba (ب),  bibir atas dan bibir bawah tersebut posisinya tertutup, dan juga diiringi dengan suara dengung kurang lebih 2 harakat.

Contoh Hukum Bacaan Iqlab dan cara membacanya:

مَنْ بِخَلَ : 

Nun Mati bertemu Ba. sehingga dibaca mambakhila (Qs. Al Laili: 8) 

صُمٌّۢ بُكْمٌ : 

Tanwin bertemu huruf Ba sehingga dibaca Shummummbukmun (Qs. Al Baqarah; Ayat 18).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: