6 Fakta Menarik Devi Dja, Artis Indonesia Mendunia Meninggal Dimakamkan di Hollywood Hills

Intan Afika Nuur Aziizah · Senin, 20 September 2021 - 21:14:00 WIB
6 Fakta Menarik Devi Dja, Artis Indonesia Mendunia Meninggal Dimakamkan di Hollywood Hills
Devi Dja penari Jawa yang terkenal di Hollywood. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang yang belum tahu tentang Devi Dja. Padahal beliau adalah penari Jawa yang mendunia dan sangat terkenal pada zamannya. Tak hanya itu, Devi Dja juga tembus menjadi aktris Hollywood. Bahkan, dia punya peran penting dalam pembebasan perbudakan warga Indonesia yang terjadi di Amerika Serikat.

Berikut fakta-fakta Devi Dja yang iNews. id rangkum pada Senin (20/9/2021).

1. Dulunya pengamen

Perempuan yang lahir dengan nama Misri ini, mengganti namanya menjadi Soetidjah. Dulunya dia hanya seorang pengamen keliling bersama kakeknya, Sutiran. Meski miskin, Devi Dja tidak peduli, seni membuat hatinya riang gembira. Suatu kali, Devi Dja sedang mengamen di Banyuwangi. Dia menyanyikan lagu Kopi Soesoe yang tengah populer saat itu.

Kemudian, seorang pimpinan kelompok teater Dardanella yang bernama Piedro, terkesima melihat penampilannya dan mengaku tertarik dengan Soetidjah. Piedro langsung melamar Devi Dja yang kala itu masih bernama Soetidjah. Singkat cerita, Devi Dja pun menjadi primadona Dardanella.

2. Terkenal di Hindia Belanda

Pada 1930-an, nama Dja begitu tenar. Wajahnya selalu terpampang di media massa. Sangat sukses di Hindia Belanda, akhirnya Dardanella memutuskan untuk mengadakan pertunjukan lintas benua atau Tour d'Orient pada 1935.

Nama Dardanella kemudian diubah menjadi The Royal Bali Dancers. Lalu, karena terlibat kontak dengan beberapa kota di dunia, namanya diganti lagi menjadi Dewi Dja's Bali-Java Dancers. Rombongan ini pentas di Singapura, India, Burma, Semenanjung Malaya, beberapa negara Eropa, hingga Amerika Serikat.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: