Begini Alur Pemberian Vaksin Covid-19, Tahap Awal Diprioritaskan bagi Tenaga Kesehatan

Siska Permata Sari ยท Minggu, 24 Januari 2021 - 13:32:00 WIB
Begini Alur Pemberian Vaksin Covid-19, Tahap Awal Diprioritaskan bagi Tenaga Kesehatan
Begini alur pemberian vaksin Covid-19. (Foto: Kemenkes)

JAKARTA, iNews.id - Proses pemberian vaksin Covid-19 telah mulai dilakukan secara bertahap. Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan secara bertahap kepada 181,5 juta orang.

Di tahap pertama, diprioritaskan bagi 1,3 juta tenaga kesehatan di 34 provinsi Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan 17,4 juta tenaga pelayanan publik.

Berikut alur pemberian vaksin Covid-19, seperti dirangkum dari media sosial Instagram resmi milik Kementerian Kesehatan RI, @kemenkes_ri, Minggu (24/1/2021).

Menerima SMS Blast

Sebelum vaksinasi dilaksanakan, Kementerian Kesehatan RI telah mengirimkan SMS Blast kepada kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 sejak akhir tahun 2020.

Pengiriman SMS Blast menjadi tahap awal persiapan vaksinasi. Dalam pesan yang dikirim oleh PEDULICOVID tersebut, memuat nomor identitas sasaran, edukasi serta informasi seputar rencana vaksinasi. 

Jika penerima vaksin telah menerima notifikasi, maka tahap berikutnya adalah registrasi ulang untuk status kesehatan. Kemudian, penerima vaksin memilih lokasi serta jadwal layanan vaksinasi.

Mendatangi tempat vaksinasi

Usai registrasi, penerima vaksin bisa mendatangi tempat vaksinasi sesuai dengan jadwal. Kemudian Anda bisa menunjukkan e-ticket dan bukti identitas lainnya untuk dilakukan verifikasi. Setelah identitas sudah terverifikasi, penerima vaksin lanjut untuk melakukan skrining di meja ke-2.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2