Cari Keadilan, Nirina Zubir Beberkan ke Hotman Paris Kasus Penggelapan Aset Tanah sang Ibu

Intan Afika Nuur Aziizah ยท Jumat, 26 November 2021 - 12:07:00 WIB
Cari Keadilan, Nirina Zubir Beberkan ke Hotman Paris Kasus Penggelapan Aset Tanah sang Ibu
Nirina Zubir. (Foto: IG)

JAKARTA, iNews.id - Artis Nirina Zubir masih tengah berjuang mencari keadilan terkait dugaan penggelapan aset tanah milik ibunya.

Kepada Hotman Paris, Nirina menceritakan bahwa enam sertifikat asli yang dimiliki keluarganya atas nama ibu, kakak kandung, dan Nirina sendiri sempat hilang. Namun, sang asisten, Riri justru terlihat sangat tenang dan mengajukan diri untuk mengurusnya.

“Awal mulanya tuh tidak tiba-tiba ibu saya iming-iming minta tolong sama dia, tapi dibuat hilang suratnya. Kemudian, dibilanglah sama dia bahwa ‘yah suratnya hilang. Harus diurusin loh susah banget loh’ kayak gitu. ‘Tapi tenang aja saya kenal ada notaris, pake aja notaris ini,’” tutur Nirina Zubir dalam acara Hotman Paris Show di iNews TV baru-baru ini.

Melihat perubahan gaya hidup sang asisten yang semakin glamour, kecurigaan pun mulai timbul di benak keluarga Nirina atas hilangnya sertifikat tersebut.

Tak ingin tinggal diam, Nirina pun langsung mengusut tuntas kasus tersebut. Nirina Zubir mengaku tak pernah menandatangani dokumen surat kuasa jual tanah sebelumnya. Anehnya, dokumen dengan tanda tangan Nirina tersebut justru ada. 

Terkait hal ini, Kuasa Hukum Nirina Zubir, Ruben Jeffry pun turut buka suara. dia mengatakan bahwa surat kuasa jual tanah itu hanya fiktif dan diduga palsu.

“Tidak, tapi fisiknya ada cuma itu fiktif dibuat seolah-olah ada. Diduga palsu,” ujar Ruben Jeffry, Kuasa Hukum Nirina Zubir.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI, Dr. Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa sebenarnya kasus yang dialami Nirina Zubir ini sudah sering terjadi sejak lama. Bahkan banyak oknum notaris palsu yang tertangkap pihak kepolisian karena terbukti terlibat dalam kasus mafia tanah ini.

"Kasus seperti ananda Nirina ini sudah beberapa kali terjadi. Pernah bahkan ditangkap polisi rumah figur palsu, kantor notarisnya palsu,” ucap Dr. Sofyan A.

Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI. Terkait hal itu, BPN akan terus mengaudit hingga tuntas. Saat ini, pihak BPN sedang menunggu keterangan dari kepolisian. Kemudian, para notaris dan PPAT yang terlibat pun akan turut diperiksa.

Jika memang terbukti terlibat, maka Sofyan tak akan segan untuk memecatnya. Sejauh ini, Sofyan mengatakan bahwa tidak ada pihak BPN yang terlibat dalam kasus Nirina. Pasalnya, kasus ini dijalani murni oleh pihak keluarga Nirina dan sang asisten yang dibantu oleh pihak PPAT, sehingga dokumen tersebut sudah lengkap saat sampai di kantor BPN.

Sofyan mengatakan bahwa saat ini BPN telah membuat tim khusus untuk mafia tanah. Ia pun sudah siap untuk mengusut tuntas kasus ini hingga pihak paling terakhir.

“Sekarang kita bikin tim anti mafia tanah, satgas mafia tanah. Nah, setelah itu masalah-masalah ini tampil dan kami merasakan bahwa yang tampil ke permukaan ini baru puncak gunung es saja. Maka kita akan perangi sampai seluruhnya,” pungkasnya.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: