5 Negara yang Tidak Memiliki Utang, Ada Tetangga Indonesia

Ami Heppy S ยท Senin, 23 Mei 2022 - 17:42:00 WIB
5 Negara yang Tidak Memiliki Utang, Ada Tetangga Indonesia
Negara yang tidak memiliki utang-Macau (Foto: leungchopan/Elements Envato)

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kamu jika ternyata masih ada negara yang tidak memiliki utang? Sebenarnya, hampir seluruh negara-negara di dunia ini memiliki utang dengan rasio yang berbeda-beda.

Bahkan, sejumlah negara dengan ekonomi besar sekalipun seperti Amerika Serikat dan China juga memiliki utang dengan jumlah yang besar.

Meski begitu, ternyata masih ada negara yang tidak memiliki utang sama sekali. 

Negara yang Tidak Memiliki Utang

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 5 negara yang tidak memiliki utang. Apa saja?

1. Makau

Menurut data IMF, dalam 15 tahun terakhir, jumlah utang pemerintah Makau adalah 0 persen. Negara yang masuk dalam administrasi khusus dari China ini bahkan menempati urutan keempat sebagai negara terkaya di Asia dengan PDB per kapita sebesar $67,470.


Dijuluki sebagai Las Vegas Asia, perekonomian Macau sebagian besar ditopang oleh pariwisata terkait perjudian serta ekspor pakaian jadi.

2. Palau 

Palau merupakan sebuah negara yang terletak di Samudera Pasifik dan termasuk negara Oseania. Sebagai negara kepulauan, sumber perekonomian negara Palau didominasi oleh sektor pariwisata, perikanan, dan pertanian. 

Uniknya, sektor-sektor tersebut difokuskan terhadap usaha membudidayakan bahan pangan dalam jumlah yang cukup untuk mereka sendiri dan keluarga.

3. Brunei

Sama seperti Makau, Brunei juga merupakan salah satu negara terkaya di Asia yang tidak memiliki utang. Brunei Darussalam memiliki PDB per kapita sebesar $65.670. Sumber kekayaan negara ini adalah dari cadangan minyak dan gas alam yang sangat melimpah.

4. British Virgin Island

Terletak di Laut Karibia, British Virgin Island adalah sebuah negara yang merupakan teritori Inggris.
Negara ini dikenal sebagai surga bagi para penghindar pajak.  Dengan mematok tarif pajak nol persen, British Virgin Island menarik para konglomerat untuk mendirikan perusahaan cangkang agar uang mereka tak terkena pajak tinggi di negara asal.

Selain negara yang bebas pajak, British Virgin Island juga dikenal sebagai negara terkaya di Kepulauan Karibia.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda