Deretan Perang dan Konflik Israel-Palestina, Gerakan Intifada II Tewaskan 1.000 Orang Israel

Ajeng Wirachmi · Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:13:00 WIB
Deretan Perang dan Konflik Israel-Palestina, Gerakan Intifada II Tewaskan 1.000 Orang Israel
Konflik Israel Palestina sudah berlangsung lama dan tak ada tanda mereda, apalagi berakhir (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Konflik Israel dan Palestina sudah berlangsung lama dan tak ada indikasi mereda sampai saat ini. Sejak Perang Arab-Israel 1967, pemerintahan Zionis terus mencaplok wilayah-wilayah Palestina yang diduduki, memicu keprihatinan internasional.

Perluasan permukiman Yahudi di Tepi Barat serta wilayah lain dilakukan secara sepihak oleh Israel serta jelas melawan kehendak internasional. Keputusan Israel itu hanya merusak upaya perdamaian yang diupayakan banyak pihak, termasuk Amerika Serikat (AS).

Sejak itu letupan-letupan masih sering terjadi. Selain di Tepi Barat, perlawanan dari faksi perjuangan Palestina di Jalur Gaza juga dilakukan terhadap militer Zionis. 

Berikut deretan konflik dan perang antara Palestina dan Israel:

1. Gerakan Intifada I (1987-1993)

Masyarakat Palestina melakukan protes terhadap pendudukan Israel di wilayah Jalur Gaza dan Tepi Barat pada 1987 sampai 1993. Protes besar-besaran atau disebut dengan Gerakan Intifada I ini menyebabkan kerusuhan mematikan di periode tersebut. 

Al Jazeera melaporkan, lebih dari 1.300 warga Palestina tewas, 120.000 lebih luka-luka, dan sekitar 600.000 orang harus mendekam di penjara. 

Suhu panas akibat Intifada I mulai mereda lantaran Perjanjian Oslo. Namun, perjanjian itu mendapat penolakan karena salah satu poinnya, masyarakat Israel bisa hidup bebas di Palestina. 

Melansir jurnal berjudul ‘Palestina dan Israel: Sejarah, Konflik, dan Masa Depan’ (2015), Perjanjian Oslo tidak sepenuhnya meredakan konflik antara kedua pihak. Pemicunya, masyarakat Israel terus menindas warga Palestina.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda