Junta Militer Burkina Faso Tunjuk Pimpinan Kudeta Jadi Presiden

Umaya Khusniah · Selasa, 01 Februari 2022 - 07:24:00 WIB
Junta Militer Burkina Faso Tunjuk Pimpinan Kudeta Jadi Presiden
Junta militer Burkina Faso telah menunjuk seseorang untuk menduduki kursi pemimpin setelah kudeta. (Foto: Reuters)

OUAGADOUGOU, iNews.id - Junta militer Burkina Faso telah menunjuk seseorang untuk menduduki kursi pemimpin setelah kudeta. Mereka meyakinkan masyarakat, akan memastikan kelangsungan negara. 

Kelompok kudeta yang menamai diri sebagai Gerakan Patriotik untuk Pengamanan dan Pemulihan (MPSR) membacakan pengumuman di TV nasional pada Senin (31/1/2022). Isinya, mereka menunjuk pemimpin baru sampai sampai pembentukan piagam transisi. 

Menurut undang-undang yang mereka bacakan, presiden, dua wakil presiden, dan seorang koordinator akan ditunjuk dan disumpah untuk menjamin kelangsungan negara dan urusan-urusannya, hingga badan-badan peralihan dapat dibentuk.

Yang kini menjadi presiden yakni Letnan Kolonel Paul-Henri Damiba. Dia akan menjadi kepala negara, kepala tertinggi Angkatan Bersenjata Nasional, penjamin peradilan dan kemerdekaan nasional.

Damiba juga akan menjamin keutuhan wilayah negara, kelangsungan negara, dan kepatuhannya terhadap perjanjian internasional. Dia akan memiliki kekuatan regulasi dan akan mengakreditasi duta besar untuk negara-negara asing.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda