Jurnalis Senior Tolak Tampil Berjilbab, Presiden Iran Tak Mau Diwawancarai

Maria Christina Malau · Jumat, 23 September 2022 - 15:10:00 WIB
Jurnalis Senior Tolak Tampil Berjilbab, Presiden Iran Tak Mau Diwawancarai
Jurnalis senior, Christiane Amanpourdi batal mewawancarai Presiden Iran Ebrahim Raisi setelah dia menolak berjilbab dalam sesi wawancara di New York, Amerika Serikat. (Foto: Twitter Christiane Amanpourdi)

NEW YORK, iNews.id - Presiden Iran Ebrahim Raisi membatalkan wawancara dengan seorang jurnalis senior di New York, Amerika Serikat. Pembatalan terjadi setelah permintaannya agar perempuan itu mengenakan jilbab saat mewawancarainya, ditolak. 

Jurnalis senior bernama Christiane Amanpourdi itu mengungkapkan kronologi pembatalan wawancaranya dengan Presiden Iran dalam serangkaian tweet. Kepala pembawa berita internasional CNN itu mengatakan, dia telah dijadwalkan untuk bertemu Raisi di sela-sela sidang umum PBB, seperti dilansir dari The Guardian, Jumat (23/9/2022).

Christiane Amanpourdi berencana untuk bertanya kepadanya tentang berbagai topik, termasuk pecahnya protes di Iran setelah kematian Mahsa Amini. Perempuan berusia 22 tahun itu tewas diduga setelah dipukuli oleh polisi moral dalam tahanan karena dianggap melanggar undang-undang jilbab.

"Ini akan menjadi wawancara pertama Presiden Raisi di tanah AS, selama kunjungannya ke NY untuk UNGA. Setelah perencanaan berminggu-minggu dan delapan jam menyiapkan peralatan penerjemahan, lampu dan kamera, kami siap. Tapi tidak ada tanda-tanda Presiden Raisi," cuit Amanpour, Kamis (23/9/2022).

Sekitar 40 menit setelah wawancara dijadwalkan untuk dimulai, seorang ajudan mendekati Amanpour. Dia mengatakan kepada Raisi Raisi agar memakai jilbab. "Karena ini bulan suci Muharram dan Safar," tulisnya.

Amanpour langsung menolak permintaan tersebut. Dia menjelaskan, "kita berada di New York, di mana tidak ada hukum atau tradisi mengenai jilbab". 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda