Pemberontak Nekat Ledakkan Penjara Keamanan Tinggi di Ibu Kota, Hampir 900 Narapidana Kabur

Umaya Khusniah ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 14:15:00 WIB
Pemberontak Nekat Ledakkan Penjara Keamanan Tinggi di Ibu Kota, Hampir 900 Narapidana Kabur
Kelompok pemberontak meledakkan sebuah penjara berkeamanan maksimum di Nigeria. (Foto: Reuters)

ABUJA, iNews.id - Kelompok pemberontak meledakkan sebuah penjara berkeamanan maksimum di Nigeria. Akibatnya sebanyak 879 narapidana sempat kabur. 

Ledakan besar terjadi di Penjara berkeamanan maksimum Kuje di Abuja Selasa (6/7/2022) malam. Ledakan dan tembakan terdengar sekitar pukul 10 malam. Penyerang tiba dan memaksa masuk ke penjara melalui lubang yang dibuat oleh ledakan.

Sekretaris tetap Kementerian Dalam Negeri Nigeria, Shuaib Belgore melaporkan, satu penjaga yang bertugas tewas dalam serangan itu. 

Juru bicara Lembaga Pemasyarakatan Nigeria, Umar Abubakar, sebanyak 443 dari 879 narapidana masih hilang. Sementara ratusan lainnya telah ditangkap kembali atau diserahkan ke kantor polisi.

"Pejabat akan melacak semua narapidana yang melarikan diri dan mengembalikan mereka ke tahanan," kata Abubakar.

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari mengunjungi penjara pada Rabu (7/7/2022). Pejabat senior menunjukkan kepadanya kondisi penjara tersebut pascaserangan. 

Dalam akun Twitternya, dia mengaku sedih atas serangan tersebut. Dia juga “kecewa” dengan sistem intelijen Nigeria.

“Bagaimana teroris bisa mengorganisir, memiliki senjata, menyerang instalasi keamanan dan lolos begitu saja?” tanya Buhari dalam cuitannya.

Pemberontak ekstremis Islam yang menyerang penjara telah melancarkan serangan di timur laut negara itu selama lebih dari satu dekade. Serangan mereka terhadap penjara bertujuan membebaskan para anggotanya yang ditahan.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda