Rusia Pastikan Vladimir Putin Ikut KTT G20 di Bali

Anton Suhartono ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 13:23:00 WIB
Rusia Pastikan Vladimir Putin Ikut KTT G20 di Bali
Vladimir Putin dipastikan akan mengikuti pertemuan G20 di Bali pada November mendatang (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin memastikan akan mengikuti KTT G20 yang berlangsung di Bali pada November mendatang. Kepastian itu disampaikan Kremlin Senin kemarin atau beberapa hari menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Moskow.

Ajudan Putin, Yuri Ushakov, mengumumkan kehadiran Putin, namun dia belum bisa memastikan dalam kapasitas apa Putin akan berpartisipasi. 

“Saya berharap pandemi akan memungkinkan forum penting ini digelar secara langsung,” kata Ushakov, dikutip dari RT, Selasa (28/6/2022).

Sementara itu Jokowi yang saat ini menghadiri KTT G7 di Jerman akan berkunjung ke Kiev untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Moskow untuk bertemu Putin. Dalam cuitan, Jokowi mengatakan kunjungannya itu untuk mengajak kedua pemimpin agar mau membuka dialog serta menghentikan perang.

Sebelumnya Jokowi juga mengundang Zelensky untuk hadir di KTT G20 November mendatang. Undangan juga disampaikan secara lisan oleh Jokowi melalui percakapan telepon. Namun sejauh ini belum ada kepastian apakah Zelensky akan menghadiri atau tidak, termasuk mengikuti melalui tautan video.

KTT G20 menyatukan para pemimpin dari 20 ekonomi terbesar dunia, beserta perwakilan dari Uni Eropa, dan beberapa organisasi internasional, termasuk PBB dan WHO.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda