5 Fakta Pil Happy Five di Kasus Narkoba Ririn Ekawati, Nomor 3 Mengerikan

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 09 Maret 2020 - 05:00:00 WIB
5 Fakta Pil Happy Five di Kasus Narkoba Ririn Ekawati, Nomor 3 Mengerikan
Artis Ririn Ekawati ditangkap atas kasus dugaan penyalahgunaan narkoba, Sabtu (7/3/2020). (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap artis Ririn Ekawati atas kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Dalam penangkapan itu disita puluhan butir pil happy five.

Penangkapan berlangsung pada Sabtu (7/3/2020) malam. Ririn ditangkap bersama asistennya, ITY. Seorang lagi yang turut dicokok yakni DN, rekan ITY. Mereka lalu dibawa ke Polres Jakarta Barat untuk menjalani penyelidikan.

“Diamankan tiga orang dengan barang bukti 30-an butir pil Happy Five. Kemudian dilakukan tes urine awal, RE (Ririn Ekawati) negatif,” kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Audie Latuheru, Minggu (8/3/2020).

Meski negatif, polisi tetap mendalami keterliatan Ririn. Sebab, ITY positif mengonsumsi Happy Five. Dalam pemeriksaan, ITY juga menyebut telah memberikan pil itu kepada Ririn beberapa waktu sebelumnya.

Happy Five merupakan psikotropika yang lazim digunakan sebagai obat depresi. Bernama asli Nimetazapam, Happy Five juga populer dengan sebutan Erimin-5.

Berikut Fakta-Fakta Happy Five:

1. Psikotropika

Menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika, psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Happy Five termasuk psikotropika dan memiliki efek ketergantungan. Obat ini telah masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu dan menjadi salah satu barang favorit bagi pengguna narkoba.

2. Depresan

Happy Five atau Erimin-5 merupakan jenis depresan yang dikonsumsi secara oral oleh pengguna dalam bentuk tablet. Depresan yaitu obat yang membantu seseorang untuk tenang dan tidur (mengatasi kegelisahan). Namun, penggunaan yang berlebihan akan menimbulkan efek berbahaya.

Pil Happy Five atau Erimin-5 memiliki efek ketergantungan. (Foto Istimewa).
Pil Happy Five atau Erimin-5 memiliki efek ketergantungan. (Foto Istimewa).

3. Halusinasi dan Merusak Saraf

Penggunaan psikotropika termasuk Happy Five secara berlebihan dapat menurunkan aktivitas otak, merusak saraf, dan memicu kelainan perilaku. Pengguna umumnya akan mengalami halusinasi, perubahan perasaan, dan menyebabkan ketergantungan.

Efek lainnya yaitu kesulitan berbicara, bergerak dan mengoordinasikan fungsi tubuh. Bahaya terburuk, dapat membuat pengguna hilang kesadaran.

4. Imsomnia dan Gemetar

Happy Five memiliki efek ketergantungan. Mereka yang kecanduan pil ini akan mengalami berbagai gejala saat ketagihan, mulaim insomnia hingga tubuh gemetar. Tidak hanya itu, pengguna yang ketagihan juga dapat mengalami kram perut hingga mual serta muntah.

5. Dari Ibra Azhari hingga Vitalia Sesha

Happy Five termasuk salah satu psikotropika favorit bagi pengguna narkoba. Sederet artis Tanah Air pernah berurusan dengan polisi terkait penggunaan obat terlarang ini.

Mereka yang terjerat antara lain Ibra Azhari. Adik kandung artis Ayu Azhari ini sudah empat kali ditangkap karena kasus narkoba. Selain sabu, polisi juga menyita pil ini dalam penangkapan beberapa waktu lalu. Teranyar, artis Vitalia Sesha. Polisi juga menyita barang bukti sabu dan Happy Five saat menggerebek artis cantik itu.

Editor : Zen Teguh

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda