Bawaslu Soroti Kampanye Online yang Sepi Peminat

Felldy Utama · Selasa, 27 Oktober 2020 - 17:42:00 WIB
Bawaslu Soroti Kampanye Online yang Sepi Peminat
Ilustrasi Pilkada serentak 2020 (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Upaya mendorong peningkatan kampanye daring baik melalui media daring (online) maupun media sosial, ternyata tidak membuahkan hasil maksimal. Padahal, metode ini adalah yang diharapkan paling banyak digunakan mengingat pandemi Covid-19.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Mochammad Afifuddin menyampaikan bahwa hingga satu bulan tahapan kampanye Pilkada serentak 2020, kampanye dengan metode daring tidak mengalami peningkatan jumlah yang signifikan. Jumlah kegiatan kampanye daring pada 10 hari ketiga kampanye bahkan menurun dibandingkan pada 10 hari kedua.

Berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu di 270 daerah yang menyelenggarakan pilkada pada 10 hari ketiga tahapan kampanye, metode daring mengalami penurunan jumlah dibandingkan 10 hari sebelumnya. Pada periode 16- 25 Oktober 2020, ada sebanyak 80 kegiatan kampanye metode daring, turun dibandingkan pada periode 6-15 Oktober yaitu sebanyak 98 kegiatan.

"Penurunan jumlah itu menggambarkan, metode ini bukan kegiatan utama yang
diprioritaskan oleh tim kampanye dan atau pasangan/calon sebagai bentuk aktvitas untuk berkomunikasi dengan pemilih," kata Afif dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10/2020).


Editor : Muhammad Fida Ul Haq