BPIP Dorong Pelajaran Pancasila Masuk Kurikulum

iNews · Selasa, 16 Februari 2021 - 23:01:00 WIB
BPIP Dorong Pelajaran Pancasila Masuk Kurikulum
Kepala BPIP Yudian Wahyudi dalam Webinar bertajuk "Strategi Penguatan Nilai Pancasila Dalam Rekomendasi UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan" pada Selasa (16/2/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus mendorong program penguatan nilai-nilai Pancasila dalam Kurikulum Pendidikan Nasional. Demi mencari strategi yang pas, digelar Webinar bertajuk "Strategi Penguatan Nilai Pancasila Dalam Rekomendasi UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan" pada Selasa (16/2/2021).

Acara ini menghadirkan Kepala BPIP Yudian Wahyudi; Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf; Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny; Deputi Pengkajian Dan Materi BPIP Adji Samekto; Plt Deputi Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi Ani Purwanti; Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Aris Junaidi; dan sejumlah pakar akademisi. 

“Dunia pendidikan berbenah untuk meningkatkan daya saing anak didik ke depan. Mereka harus siap menghadapi daya saing global, bukan secara nasional,” kata Yudian Wahyudi.

“Tuntutan di sisi lain adalah penguatan ideologi kebangsaan agar mengenali dirinya sebagai bangsa yang bermartabat melalui nilai Pancasila dalam kurikulum pendidikan,” ucapnya.

Yudian menekankan pentingnya para pendidik agar menanamkan Pancasila bukan sebatas teori, tapi juga mengedepankan akhlak yang beradab.

“Faktanya, 49 persen guru di lembaga pendidikan nasional berusia di bawah 40 tahun. Sementara Pendidikan Pancasila dicabut dari kurikulum sejak 1998. Ini yang jadi perhatian kami, BPIP sebagai badan koordinasi, sinkronisasi dan pembinaan Pancasila secara menyeluruh, bukan hanya anak didik tetapi para pendidik,” ujar Yudian.

Editor : Rizal Bomantama