Cerita Kades di Kalsel Menabung untuk Serahkan Gratifikasi Rp50 Juta ke Gedung KPK Jakarta

Raka Dwi Novianto ยท Senin, 06 Desember 2021 - 17:21:00 WIB
Cerita Kades di Kalsel Menabung untuk Serahkan Gratifikasi Rp50 Juta ke Gedung KPK Jakarta
Aisyah, Kepala Desa Sungup Kanan, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kotabaru, Kalimantan Selatan rela menabung demi menyerahkan gratifikasi Rp50 juta dari perusahaan tambang batu bara di daerahnya. (Foto: Istimewa)

Usai pelaporan ke KPK, kata Aisyah, pihak perusahaan tersebut sekarang sudah menyelesaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan telah membebaskan hak-hak warga yang belum bebas lahannya.

"Saya mohon di sini misalkan ada kejadian yang seperti saya alami kita langsung aja datang ke KPK Jakarta," ujarnya.

Sebelumnya, KPK menyampaikan apresiasi atas pelaporan dan pengendalian gratifikasi yang dilakukan oleh 10 individu berintegritas. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata berharap hal ini dapat menginspirasi masyarakat dalam melaporkan penerimaan maupun penolakan gratifikasi.

Hal tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Alex itu pada acara Penghargaan Pengendalian Gratifikasi Tahun 2021 serta penyerahan hadiah bagi pemenang kompetisi JAGA Data dan Mascot Challenge 2021 bertempat di Auditorium Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta, Senin (6/12/2021). 

“Tidak mudah menolak atau melaporkan gratifikasi. Namun, Bapak dan Ibu telah melaporkan sesuatu yang orang lain tidak tahu dengan penuh kesadaran, serta mengalami kondisi dilematis maupun pergolakan batin yang tidak mudah. Oleh karena itu, kami berbangga hati atas apa yang dilakukan Bapak dan Ibu,” ujar Alex.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: