Indonesia Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB Lagi, Begini Kata Roy Suryo

Antara ยท Sabtu, 09 Juni 2018 - 13:09 WIB
Indonesia Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB Lagi, Begini Kata Roy Suryo

Anggota Komisi I DPR Roy Suryo. (Foto: SINDONews)

JAKARTA, iNews.id – Anggota Komisi I DPR Roy Suryo memuji keberhasilan Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk periode 2019-2020. Ini adalah yang keempat kalinya Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap badan utama PBB itu.

“Alhamdulillah Indonesia kembali menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, setelah mengalahkan Maladewa dengan 144 dari 190 suara,” kata Roy Suryo di Jakarta, Sabtu (9/6/2018).

Politikus Partai Demokrat itu menuturkan, keanggotaan dalam Dewan Keamanan PBB ini bukan yang pertama kalinya bagi Indonesia. Sebelumnya, negara ini juga pernah meraih posisi tersebut dua kali di zaman kepemimpinan Suharto yakni pada 1973-1974 dan 1995-1996, lalu; satu kali di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY yaitu pada 2007-2008.


Selaku anggota Komisi I DPR, kata Roy, dia menghargai upaya pemerintah sejauh ini. “Namun, ini bukan yang pertama kalinya bagi Indonesia untuk menjadi anggota Dewan Keamanan PBB, karena dulu sempat juga menjadi anggota, dan ini sudah yang keempat kalinya,” kata mantan menteri pemuda dan olahraga itu.

Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020 melalui pemungutan suara atau voting di Majelis Umum PBB. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jumat (8/6/2018) kemarin.

“Alhamdulillah di dalam Majelis Umum PBB, Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB mewakili kawasan Asia-Pasifik, menggantikan Kazakhstan yang masa keanggotaannya akan berkahir pada akhir 2018,” kata Menlu Retno. Setelah terpilih, Indonesia akan mengisi kursi DK PBB tersebut secara resmi mulai 1 Januari 2019.

Editor : Ahmad Islamy Jamil