Juliari Batubara Mensos Ketiga Tersandung Kasus Korupsi di Era Reformasi

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 06 Desember 2020 - 05:05:00 WIB
Juliari Batubara Mensos Ketiga Tersandung Kasus Korupsi di Era Reformasi
Menteri Sosial Juliari Batubara. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Penetapan Juliari Batubara sebagai tersangka kasus suap oleh KPK semakin menambah panjang daftar menteri yang tersandung korupsi. Sepanjang era reformasi, Juliari adalah menteri sosial ketiga yang berurusan dengan lembaga antirasuah.

Sebelumnya, dua pendahulu Juliari sudah lebih dulu terjerat kasus korupsi dan telah dipidana. Kedua orang itu adalah Bachtiar Chamsyah dan Idrus Marham.

Berikut daftar menteri sosial yang tersandung kasus korupsi selama era reformasi beserta ringkasan kasus yang menjerat mereka.

1. Bachtiar Chamsyah

Politikus PPP ini menjabat menteri sosial pada era pemerintahan Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, dan periode pertama Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia adalah menteri sosial terlama dalam sejarah reformasi, bahkan dalam sejarah pemerintahan Indonesia sampai hari ini, yakni selama 8 tahun lebih (dari 10 Agustus 2001 – 20 Oktober 2009).

Bachtiar ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan mesin jahit dan sapi impor pada Kementerian Sosial 2004-2006 yang diduga merugikan negara Rp37,8 miliar.

Pada 2011, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta memutuskan Bachtiar bersalah dalam kasus tersebut. Dia dihukum 1 tahun 8 bulan penjara dengan denda Rp50 juta subsider 3 bulan penjara.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 3