Ketika Jokowi Personifikasikan Persatuan Indonesia Seperti Kiambang

Aditya Pratama ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 14:40 WIB
Ketika Jokowi Personifikasikan Persatuan Indonesia Seperti Kiambang

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa syukurnya Indonesia tetap berdiri kokoh di tengah berbagai tantangan dan terpaan badai sejarah. Apalagi, usia Indonesia pada Sabtu, 17 Agustus 2019 besok akan memasuki 74 tahun.

Jokowi mengaku, salah satu faktor yang membuat Indonesia kokoh hingga saat ini adalah persatuan dan kesatuan. Jokowi pun meyakini persatuan dan kesatuan akan terjaga dan menjaga Indonesia selama-lamanya serta sentosa.

"Seperti kiambang-kiambang yang bertaut kembali, setelah biduk pembelah berlalu," katanya dalam pidato Sidang Tahunan MPR di Ruang Rapat Paripurna DPR/MPR RI, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

BACA JUGA:

Jokowi Sebut Indonesia Harus Siap Hadapi Segala Bentuk Kejahatan

Jokowi: Indonesia Maju Bukan Hanya Karya Presiden tapi Petani dan Parpol

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sasak di Pidato Kenegaraan

Jokowi juga menegaskan Indonesia akan tetap kuat dengan memegang teguh semangat persatuan Indonesia. Sebagai sebuah rumah besar, Indonesia tidak akan runtuh.

"Tidak akan ambruk, dan tidak akan punah, tetapi justru berdiri tegak. Bukan hanya untuk 100 tahun, 500 tahun, tapi untuk selama-lamanya," ujar mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Perbedaan yang ada di Indonesia pun menurut Jokowi bukanlah suatu penghalang bagi masyarakat untuk bersatu. Dalam persatuan ditemukan solidaritas, kepedulian dan semangan berbagi antarsesama anak bangsa.

"Dalam persatuan itulah, kita menemukan energi yang mahadahsyat, untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan tetesan keringat untuk kemajuan Indonesia," ucap Jokowi.


Editor : Djibril Muhammad