KY Ungkap Nasib Hakim di Daerah Terpencil, Rumah Dinas Kurang Layak hingga Ancaman Kekerasan

irfan Maulana ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 07:02:00 WIB
KY Ungkap Nasib Hakim di Daerah Terpencil, Rumah Dinas Kurang Layak hingga Ancaman Kekerasan
Ilustrasi hakim pengadilan (Foto: Ilustrasi/Ist)

SUKABUMI, iNews.id - Komisioner Komisi Yudisial (KY) Amzulian Rifai mengungkapkan beberapa temuan soal nasib hakim di daerah terpencil. Dia mengungkapkan pengadilan negeri di daerah rata-rata hanya memiliki 3 hakim.

Menurutnya banyak perkara yang disidangkan tak sebanding dengan jumlah hakim dan sumber daya pendukung. Amzulian mencontohkan di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

"Di sana ketiga hakimnya perempuan. Salah satu sedang hamil. Setahun ada sekitar 400 perkara. Kendaraan dinas minibus tua sering rusak dan celaka. Rumah dinas kurang layak dan sering ada ancaman kekerasan dari masyarakat sekitar," kata Amzulian dalam media gathering di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (1/10/2022).

Para hakim sudah sering melaporkan masalah ini ke atasan dan soal ancaman kekerasan ke aparat keamanan. 

Minimnya fasilitas juga membuat hakim ada yang bergantung pada bantuan pemerintah daerah. Fenomena ini berpotensi mengganggu independensi mereka.

KY melalui kewenangan advokasinya telah membawa berbagai persoalan ini dalam pertemuan rutin dengan Mahkamah Agung (MA). Tim penghubung yang terdiri atas 3 komisioner KY dan 3 hakim agung sedang mencari solusi konkret. Termasuk membahas mutasi dan rotasi berkala pegawai pengadilan yang mendukung kerja-kerja hakim.

KY dan MA, lanjut Amzulian, juga telah membahas keselamatan hakim yang menangani persidangan agar aman dari ancaman kekerasan.

Editor : Reza Fajri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda