Pabrik Hot Strip Mill Diresmikan Jokowi, Ketua DPR : Proyek Baja Trikora Inisiasi Bung Karno

Felldy Utama ยท Selasa, 21 September 2021 - 12:58:00 WIB
Pabrik Hot Strip Mill Diresmikan Jokowi, Ketua DPR : Proyek Baja Trikora Inisiasi Bung Karno
Ketua DPR Puan Maharani bersama Presiden Jokowi menghadiri peresmian Pabrik Hot Strip Mill (HSM) 2 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Banten. (FOTO Ist).

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR Puan Maharani bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peresmian Pabrik Hot Strip Mill (HSM) 2 PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021). Dalam kesempatan itu, Puan menaruh harapan pada industri baja nasional.

“Industri baja adalah ‘mother of industry’. Tanpa industri baja dan besi, industri pengolahan lainnya tidak akan bisa berproduksi,” kata Puan, Selasa (21/9/2021).

Menilik sejarah, kata dia, Krakatau Steel merupakan bagian dari pelaksanaan Proyek Baja Trikora yang diinisiasi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960. Di peletakan baru pertamanya pada tahun 1962, Krakatau Steel awalnya bernama Cilegon Steel Mill yang kemudian resmi beroperasi pada 31 Agustus 1970.

“Presiden Soekarno benar-benar memahami itu, sehingga menginisiasi pembangunan pabrik baja di Cilegon tahun 1962,” ujarnya.

Hal ini diamini oleh Dirut PT Krakatau Steel, Silmy Karim, yang mengapresiasi kehadiran Puan dalam peresmian pabrik baru BUMN tersebut.

“Hal ini tentu menambah kebahagian kami keluarga besar Krakatau Steel, karena cikal bakal Krakatau Steel tidak lepas dari peran besar Presiden RI Pertama Bapak Ir. Soekarno dalam menggagas dan mewujudkan industri baja di Indonesia yang mulai dibangun pada 1962 dengan nama  Projek Baja Trikora,” kata Silmy dalam sambutannya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: