Rekomendasi Kemenag soal Izin FPI Turun, Tito Serahkan ke Mahfud MD

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 25 November 2019 - 16:27 WIB
Rekomendasi Kemenag soal Izin FPI Turun, Tito Serahkan ke Mahfud MD

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengakui telah menerima rekomendasi dari Kementerian Agama terkait perpanjangan izin ormas Front Pembela Islam (FPI). Kendati demikian, Tito belum bisa mengeluarkan surat keterangan terdaftar (SKT) karena masih memerlukan kajian bersama kementerian lainnya.

"Iya, ada, kita terima rekomendasi seperti itu. Tapi masih dikaji," kata Tito usai menghadiri acara 'Penganugerahan Ormas Award 2019' di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Tito berencana bakal duduk bersama kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) untuk membicarakan proses perpanjangan perizinan FPI tersebut. Nantinya, kata dia, Menko Polhukam Mahfud MD yang akan mengumumkan soal tersebut.

"Jadi lebih baik yang berkomentar bukan saya. Nanti biarlah setelah Menko Polhukam mengumpulkan instansi terkait, Beliau nanti yang menjelaskan," ujar mantan Kapolri ini.

Perpanjangan izin FPI menjadi polemik. FPI mengklaim dipersulit, padahal seluruh syarat telah dipenuhi. Izin FPI terdaftar dalam SKT 01-00-00/010/D.III.4/VI/2014 dan berlaku dari 20 Juni 2014 hingga 20 Juni 2019. Namun hingga saat ini perpanjangan SKT tersebut belum juga keluar.

Pemimpin FPI Rizieq Shihab. (Foto: Antara).

Tito sebelumnya mengaku tidak bisa menerbitkan SKT lantaran belum mendapat rekomendasi dari Kemenag. Dia pun enggan banyak bicara soal perpanjangan izin ormas pimpinan Rizieq Shihab tersebut.

"Nanti kita bicarakan. Ini kan menteri baru juga," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sementara itu, Ketua Tim Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Prawiro mengaku heran surat rekomendasi tersebut hingga saat ini belum juga keluar dari Kemenag. Mereka juga telah berkali-kali audiensi dengan Kemendagri, namun hingga saat ini belum juga mendapakan perpanjangan SKT.

Editor : Zen Teguh