Zulkifli Hasan Prediksi Perubahan Peta Politik 2024, PDIP dan Gerindra Semakin Mesra

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 30 Oktober 2019 - 18:06 WIB
Zulkifli Hasan Prediksi Perubahan Peta Politik 2024, PDIP dan Gerindra Semakin Mesra

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zukifli Hasan usai menghadiri acara diskusi di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019). (Foto: iNews.id/ Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id - Partai Amanat Nasional (PAN) memprediksi peta politik 2024. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi akan berkoalisi dengan Partai Gerindra.

Sementara Partai Nasdem akan berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Indikasi peta politik itu mulai terlihat saat ini semakin mesra hubungan antara PDIP dengan Partai Gerindra. Sedangkan Partai Nasdem saat ini dinilai tengah menyusun strategi untuk mendekat ke PKS.

"Sebetulnya kita sudah bisa memprediksi yang akan terjadi di 2024 dari yang sudah terjadi hari ini," ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kawasan Kalibata, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Dia menilai, Partai Nasdem sekarang dicitrakan sebagai teman setia PDIP sekaligus pendukung pemerintah, namun mendekat ke PKS.

BACA JUGA:

Gerindra: Amien Rais Dukung Prabowo Jadi Menhan dengan Syarat

Amien Rais: Tidak Ada Lagi Cebong-Kampret, Tinggal Cebong Bersayap

Sementara arah sikap politik PAN dia enggan mengungkapkan. "Saya lihat sekarang PDIP sudah akrab dengan Gerindra, kelihatannya Nasdem mau silaturahmi dengan PKS. Saya kira tanda-tanda tuh," katanya.

Saat ini ada dua kader Partai Gerindra yang masuk kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, Prabowo bersama sejumlah elite Partai Gerindra juga pernah bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta Pusat usai perhelatan Pilpres 2019. Kedua pimpinan parpol itu tampak akrab dalam pertemuan tersebut.

Sedangkan, Partai Nasdem hari ini bersilaturahmi ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Partai Nasdem mengapresiasi langkah PkS yang tegas menjadi oposisi konstruktif lima tahun kedepan.

"Iya betul (Nasdem bertemu PKS)," kata Ketua DPP PKS Pipin Sopian kepada, Rabu (30/10/2019).


Editor : Kurnia Illahi