Hindari Denda Rp250.000 saat PSBB, Ingat Pengguna Motor Wajib Pakai Masker

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 12:54 WIB
Hindari Denda Rp250.000 saat PSBB, Ingat Pengguna Motor Wajib Pakai Masker

Produsen pelumas Federal Oil dukung aturan PSBB melalui program pemberian ribuan masker bagi konsumen, dan para pengguna sepeda motor. (Foto: Federal Oil)

JAKARTA, iNews.id - Upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) adalah dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satu aturan dalam PSBB pengguna kendaraan wajib memakai masker.

Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan Peraturan Gubernur (pergub) yang berisi sanksi bagi pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bagi warga yang masih tidak menggunakan masker akan dikenakan denda Rp250 ribu.

Pergub DKI No 41 Tahun 2020 yang mengatur sanksi denda Rp250 ribu ini akan diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setelah proses distribusi masker ke sejumlah wilayah selesai dilaksanakan.

Dalam mendukung langkah pemerintah ini, produsen pelumas Federal Oil turut memberikan solusi melalui program pemberian ribuan masker bagi konsumen, dan para pengguna sepeda motor yang beraktivitas di tengah wabah virus Covid-19.

Federal Oil General Manager, Sri Adinegara mengatakan, program yang dilaksanakan selama Ramadan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian, mengingat masih banyak masyarakat yang terkendala harga dan akses dalam mendapatkan masker.

“Ini merupakan bentuk rasa kepedulian kami bagi para konsumen, serta pengguna motor dalam memberikan solusi aman dan nyaman saat berkendara di luar rumah. Tentunya dengan tetap memperhatikan jarak aman (physical distancing) dengan orang sekitar, kami berharap program ini dapat memberikan nilai-nilai positif, guna dapat terus dekat dengan konsumen, dan pengguna motor di Tanah Air," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada iNews.id, Kamis (14/5/2020).

Program pemberian masker ini tidak hanya dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta, tapi juga sejumlah kota dan daerah. Kegiatan ini, salah satunya dirasakan Junaidi, salah satu driver ojek online di Semarang, Jawa Tengah.

“Program pembagian masker ini sangat bermanfaat, dan membantu kami dalam mendapatkan masker. Apalagi untuk profesi saya sebagai driver ojek online, di mana kami mau tak mau harus terus bekerja, dan tetap menjaga diri di tengah kondisi wabah seperti saat ini. Dari bantuan masker ini saya merasa aman, dan nyaman saat bekerja,” katanya.

Dalam pendistribusian masker ini, sambung Sri, tim yang bertugas tetap menjaga jarak aman, dan tidak terpusat pada satu titik guna menghindari kerumunan. Lokasi pembagian dilaksanakan di pangkalan ojek, stasiun kereta api, terminal bus, dan tempat lainnya.

Editor : Dani Dahwilani