Sepeda Motor Dilengkapi Soket Charger, Amankan bila Terkena Air?

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:09 WIB
Sepeda Motor Dilengkapi Soket Charger, Amankan bila Terkena Air?

Jika terjadi korsleting akibat air, pengendara hanya perlu mengganti sekring soket charger yang rusak. (Foto: Yamaha)

JAKARTA, iNews.id - Hampir semua sepeda motor matik saat ini dibekali fitur soket charger (electric power Socket). Ini untuk memudahkan pengendara saat mengisi daya ponsel.

Namun, apakah soket charger aman digunakan apabila terkena air? Terlebih, di dalamnya terdapat banyak komponen listrik.

Pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun mengatakan, pengendara harus memeriksa volume air yang masuk ke dalam soket. Apakah sekadar cipratan atau masuk banyak.

"Kalau air cipratan biasanya tidak akan terjadi korsleting listrik. Tapi, kalau soketnya terendam air sudah pasti bakal terjadi korsleting," ujar Anjas, saat dihubungi iNews.id, Selasa (11/8/2020).

Dia menuturkan, sebelum diluncurkan pabrikan sepeda motor sudah menguji soket charger jika terkena air. Jika tidak, motor dipastikan akan bermasalah.

"Pabrikan pasti sudah memikirkan itu. Untuk komponen kelistrikan lain pasti aman. Apalagi soket charger bawaan dari pabrik, korsleting hanya akan memutus sikring untuk bagian charger," kata Anjas.

Jadi, lanjut dia, jika terjadi korsleting pengendara hanya perlu mengganti sekring yang rusak. Setelah itu bisa berfungsi kembali.

"Beda lagi kalau motor dari pabrik tidak ada soket chargernya. Kemudian pemilik memasang soket sendiri. Untuk mencegah korselting, pastikan sekring pada rangkaian kelistrikan dibuat bengkel terpercaya agar aman pemasangannya," ujar Anjas.

Editor : Dani Dahwilani