Investor Beri Restu Merger Fiat Chrysler dan Peugeot Senilai Rp724 Triliun

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 21:56:00 WIB
Investor Beri Restu Merger Fiat Chrysler dan Peugeot Senilai Rp724 Triliun
FCA dan Peugeot (PSA) menyatakan investor telah memberikan restu merger senilai 52 miliar dolar AS atau sekitar Rp724 triliun. (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id - Fiat Chrysler Automobile (FCA) dan Peugeot (PSA) menyatakan investor telah memberikan restu merger senilai 52 miliar dolar AS atau sekitar Rp724 triliun. Gabungan kedua induk perusahaan bernama Stellantis ini menjadikan mereka sebagai produsen mobil terbesar keempat di dunia.

Dilansir dari Reuters, Selasa (5/1/2020), jika digabungkan produksi tahunan kedua grup perusahaan sekitar 8 juta unit kendaraan di seluruh dunia dan pendapatan lebih dari 165 miliar euro (203 miliar dolar AS). Perusahaan yang dibentuk ini diharapkan memainkan peran kunci dalam lompatan industri otomotif di era elektrifikasi.

Stellantis akan memiliki 14 merek, dari FCA, yakni Fiat, Maserati, Jeep, Dodge, Ram (yang berfokus di pasar AS), dan Peugeot, Citroen, Opel dan DS (yang berfokus pada PSA tradisional Eropa).

FCA dan PSA dalam pernyataan bersama mengatakan mereka berharap menyelesaikan ikatan pada 16 Januari. Di mana saham Stellantis akan mulai diperdagangkan di Milan dan Paris pada 18 Januari, dan di New York pada hari berikutnya

Kedua investor mendukung merger dengan tingkat persetujuan di atas 99 persen dari suara yang diberikan. “Kami siap untuk merger ini,” kata Chief Executive PSA dan calon CEO Stellantis Carlos Tavares.

Tavares memiliki tugas menghidupkan kembali produsen mobil di China, merasionalisasi perusahaan dan mengatasi kelebihan kapasitas, serta fokus menciptakan mobil yang lebih bersih.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2