Penjualan Datsun Cross September 0 Unit, Apakah Stop Produksi?

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 07 November 2019 - 11:23 WIB
Penjualan Datsun Cross September 0 Unit, Apakah Stop Produksi?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Datsun Cross secara wholesale September 2019 sebanyak nol unit.

JAKARTA, iNews.id - Kelahiran kembali Datsun di pasar Indonesia memberikan warna baru. Namun, seiring dengan perjalanan kehadiran mobil ini tidak sesuai dengan harapan Nissan, sebagai induk perusahaan.

Nissan global bahkan telah memberikan pernyataan rencana untuk menghentikan Datsun di sejumlah negara guna memangkas biaya perusahaan. Mereka menilai Datsun yang dihidupkan kembali di era kepemimpinan Carlos Ghosn telah membebani Nissan.

Bagaimana dengan performa Datsun di Indonesia? Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Datsun Cross secara wholesale (dari pabrik ke dealer) sepanjang September 2019 sebanyak nol unit alias tidak terjual satupun.

Padahal, penjualan wholesales Datsun Cross pada tiga bulan sebelumnya terbilang baik. Pada periode Juni 2019, penjualannya mencapai 535 unit. Kemudian turun menjadi 194 unit pada Juli 2019 dan naik kembali 223 unit pada Agustus 2019.

Tidak adanya penjualan Datsun Cross pada September 2019 menimbulkan banyak prediksi merek tersebut bakal stop produksi.

Sekadar informasi, Datsun Cross merupakan mobil perkotaan dengan desain SUV yang cocok digunakan berbagai kalangan, baik keluarga muda maupun remaja.

Performanya juga cukup mumpuni untuk mobil dikelasnya. Menggendong mesin 3-silinder 1.198 cc, jantung pacu mobil tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 hp dan torsi 104 Nm.

Dari situs resmi Datsun Indonesia, harga Datsun Cross saat ini mencapai 161,49 juta untuk tipe transmisi manual. Sementara Datsun Cross CVT dibanderol Rp173,99 juta (OTR Jakarta).


Editor : Dani Dahwilani