Sejarah Panjang General Motors, Raksasa Otomotif AS Sempat Ajukan Bangkrut

Fikri Kurniawan · Jumat, 11 Juni 2021 - 13:42:00 WIB
Sejarah Panjang General Motors, Raksasa Otomotif AS Sempat Ajukan Bangkrut
Pada Juni 2009, saat masalah keuangan perusahaan meningkat menjadi sekitar 173 miliar dolar AS, GM mengajukan perlindungan kebangkrutan. (Foto: GM)

JAKARTA, iNews.id - General Motors (GM) merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia. Berbagai merek mobil terkemuka berada di bawah naungannya.

Kisah GM dimulai pada 1892. Ketika itu, R.E. Olds, mengumpulkan tabungannya untuk mengubah pabrik mesin angkatan laut dan industri Ayahnya menjadi Olds Motor Vehicle Company.

Namun sebagai perusahaan rintisan, usahanya tak berjalan mulus. Pada 1895, kendaraan Olds dengan model pertama berkapasitas empat tempat duduk berbahan bakar bensin sukses di pasaran.

Mobil ini menghasilkan lima tenaga kuda dengan konversi kecepatannya mencapai 18,6 mph atau sekitar 30 km/jam.

Belum puas dengan pencapaiannya, Olds membangun pabrik pertama di Detroit, Amerika Serikat, yang dikhususkan untuk memproduksi mobil. Mobil pertama yang dirakit di sana kendaraan mewah seharga 1.200 dolar AS. Sementara model kedua dijual dengan harga 650 dolar AS. Keduanya sukses di pasaran, hingga saat memasuki abad baru, Olds telah menjual lebih dari 1.400 unit mobil.

Di rentang waktu yang sama, Cadillac berdiri di Detroit. Adalah Henry Leland mantan pegawai Oldsmobile yang membangunnya. Pada 1902, Cadillac pertama buatannya dibangun.

Selain itu, seorang insinyur bernama David Buick, juga mendirikan pabriknya, Buick Motor Company di Detroit selama periode yang sama.

Kemudian pada 1903, pasar mengalami fluktuatif hebat. Tak sediki perusahaan otomotif yang gulur tikar akibat masalah finansial.

Kondisi ini memaksa sejumlah perusahaan membentuk konsorsium. William Durrant, direktur utama Buick Motors, adalah orang di balik rencana penggabungan tersebut.

Penggabungan inilah yang kemudian melahirkan GM, yang merupakan penyatuan antara Oldsmobil dan Buick Motors. Di tahun itu, GM mendirikan pabriknya di Michigan, AS.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3