Perbandingan PO Bus Bangladesh dan Indonesia, Mana Paling Mewah?
Indonesia memang belum bisa membangun sasis, tapi di sini memiliki karoseri yang selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Permintaan dari Bangladesh untuk membangun bus di Indonesia juga sudah menjadi bukti bahwa bus di Tanah Air lebih baik.
“Model yang paling penting. Kalau kelihatan ‘wah’ penumpang itu senang. Maka bus itu akan jadi acuan, itu yang akan jadi tren. Karoseri kita sudah mengekspor ke Sri Lanka, Bangladesh, dan Myanmar, memang itu negara yang masih berada di bawah kita, tapi ini langkah yang sangat bagus,” kata Ketua Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo), Sommy Lumadjeng dalam konferensi pers Bus World, beberapa waktu lalu.
“Jadi ada yang pernah hubungi saya. Lalu saya tanya, kenapa kamu enggak beli bus dari Eropa? Kata dia bus di Eropa harganya mahal bisa tiga kali lipat harga di Indonesia. Modelnya (bus Eropa) jelek Pak,” ujarnya.
Editor: Dani M Dahwilani