Tak Ingin Anak Kecanduan Gadget? Berikut Ini Tipsnya

Intan Rakhmayanti Dewi ยท Minggu, 22 November 2020 - 13:05 WIB
Tak Ingin Anak Kecanduan Gadget? Berikut Ini Tipsnya

Ilustrasi anak bermain smartphone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Gadget sekarang tidak hanya digunakan orang dewasa tapi juga anak-anak. Penggunaan tersebut menyebabkan kekhawatiran terhadap dampak negatif dari pemakaian berlebih pada anak. 

Pengamat gadget Lucky Sebastian, mengatakan, tips agar anak tidak kecanduan gadget dimulai dari orangtuanya. Karena anak-anak akan mengikuti pola kebiasaan orangtua.

“Jika orangtua melarang tapi uga terus menatap gadget, pelarangan ini cenderung tidak akan berhasil. Jadi pertama orangtua harus memberikan contoh sesuai yang dianjurkannya," kata Lucky melalui pesan singkat, Sabtu (21/11/2020).

Orangtua harus lebih banyak bicara tatap muka secara langsung dengan anak, bertukar pikiran, dan membatasi waktu penggunaan gadget yang dilaksanakan betul-betul.

"Misal hanya boleh menggunakan smartphone selama 1 jam setelah selesai mengerjakan tugas sekolah, setelah makan, sesudah itu berangkat tidur,” katanya.

Pemusnahan miras di halaman Kantor Satpol PP Sidoarjo, Jatim (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

Selain itu, tetapkan area bebas gadget, di mana semua anggota keluarga tidak boleh menggunakan gadget. Sebagai contoh, saat makan bersama di ruang makan dan jangan dilanggar.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua