Ini Strategi PANDI Hadapi Persaingan di 2020
JAKARTA, iNews.id - Memasuki 2020, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) membuat sejumlah gebrakan. Gebrakan tersebut dilakukan agar bisa bersaing di pasar internasional.
PANDI sudah menyiapkan strategi untuk menyebarkan volume pengguna .id di seluruh dunia. Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo mengatakan, langkah awal yang dilakukan agar semakin kokoh bersaing di pasar internasional dengan melakukan rebranding pada logo, tagline, dan maskot.
"Pada logo baru terdapat tiga kombinasi warna. Merah melambaikan keberanian, biru artinya trusted dan kredibel, serta hijau yang melambangkan teknologi," kata Yudho di Jakarta, Jumat (31/1/2020).
Kemudian pada tagline, kata Yudho, awalnya 'my identity' diubah menjadi 'Expressing Your Freedom.' Menurut Yudho, kata Freedom tersebut dapat diganti menjadi apa pun sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Guna dapat bersaing secara sistem dan teknologi, mulai 2020 PANDI sudah menggunakan sistem registri mandiri, di mana semua sistem yang dijalankan adalah asli buatan Indonesia.