Tips Cegah Dampak Buruk Cahaya Biru dari Ponsel dan Komputer

Siska Permata Sari · Minggu, 16 Agustus 2020 - 09:07 WIB
Tips Cegah Dampak Buruk Cahaya Biru dari Ponsel dan Komputer

Smartphone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Radiasi ultraviolet atau dikenal sebagai sinar UV memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Tak hanya untuk kulit, tetapi juga pada mata. Apalagi sinar ungu atau cahaya biru yang dikeluarkan dari perangkat elektronik seperti komputer, ponsel, dan gawai lainnya.

Namun di masa pandemi seperti sekarang, orang lebih sering memandang layar perangkat elektronik. Baik itu pada anak-anak yang harus menjalani sekolah virtual, maupun orang dewasa yang sebagian masih menjalani work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Tentunya dengan tren tersebut, durasi melihat perangkat elektronik jauh lebih bertambah. Sehingga, resiko merasakan dampak buruk dari cahaya biru akan semakin besar. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Berikut tipsnya, seperti dirangkum dari Your Sight Matters, Minggu (16/8/2020).

Batasi waktu menatap layar

Tidak mungkin untuk menghindari layar ponsel dan komputer ketika Anda bekerja. Tapi, pasti ada waktu untuk selesai dan beristirahat. Gunakan waktu itu untuk tak lagi menatap layar ponsel maupun komputer. Batasi waktu menatap layar ketika Anda bekerja, dengan demikian mata Anda tak terpapar cahaya biru secara berlebihan.

Gunakan fitur Night Mode

Jika Anda harus berlama-lama menatap layar dari pagi sampai malam, jangan lupa untuk mengaktifkan mode malam atau night mode. Fitur ini berfungsi menyaring sinar biru sehingga layar ‘lebih ramah’ terhadapt mata Anda. Mode ini bisa diterapkan di ponsel maupun komputer.

Jangan lupa berkedip

Salah satu alasan mengapa kita lebih rentan terhadap mata kering saat menggunakan elektronik adalah karena kecepatan berkedip kita berkurang secara signifikan. Nah, agar Anda tak lupa berkedip, coba letakkan catatan tempel di layar komputer Anda yang mengingatkan Anda untuk berkedip.

Jauhkan perangkat elektronik sebelum tidur

Salah satu penyebab ‘insomnia’ adalah prilaku kita sendiri yang sering bermain gadget sebelum tidur. Sebab, cahaya biru memang dapat mengganggu jadwal tidur kita. Sehingga, lebih baik menjauhkan perangkat elektronik baik itu ponsel atau tab dari diri Anda saat memasuki jam tidur.

Selamat mencoba!

Editor : Dini Listiyani