Karena Fenomena Lensa Gravitasi, Hubble Tunjukkan Bayangan Cermin Galaksi

Dini Listiyani · Senin, 25 Juli 2022 - 09:46:00 WIB
Karena Fenomena Lensa Gravitasi, Hubble Tunjukkan Bayangan Cermin Galaksi
Hubble Tunjukkan Bayangan Cermin Galaksi (Foto: NASA)

JAKARTA, iNews.id - Teleskop luar angkasa Hubble adalah sumber konstan gambar-gambar indah. Gambar Hubble terbaru menunjukkan contoh luar biasa dari fenomena yang disebut lensa gravitasi, yang membantu para ilmuwan melihat galaksi yang sangat jauh. 

Gambar menunjukkan galaksi SGAS J143845+145407, yang muncul dua kali seolah-olah di cermin. Jika Anda pernah mendengar tentang lensa gravitasi baru-baru ini, kemungkinan karena fenomena yang sama juga terlihat pada gambar bidang dalam pertama yang dibagikan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb. 

Gambar itu menunjukkan bagaimana galaksi yang sangat jauh terlihat karena pembengkokan ruang-waktu yang disebabkan oleh gravitasi kluster galaksi SMACS 0723. Gambar Hubble ini menunjukkan versi berbeda dari fenomena yang sama. 

Ada tiga jenis lensa gravitasi, yang terjadi ketika kita melihat benda yang sangat masif seperti gugusan galaksi yang memiliki gravitasi sangat kuat yang membelokkan ruang-waktu dan membelokkan cahaya yang datang dari belakangnya. 

Jenis pertama dari pelensaan gravitasi disebut pelensaan mikro, ketika kecerahan objek ditingkatkan untuk sementara, dan itu berguna untuk mendeteksi exoplanet. Jenis kedua yang terlihat pada gambar James Webb disebut lensa gravitasi lemah, ketika galaksi jauh terlihat membentang karena cahayanya dibelokkan oleh gravitasi.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda