5 Tips Membuat Tempe dan Tahu Bacem agar Terasa Lebih Lezat

Sindonews.com ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 22:24 WIB
5 Tips Membuat Tempe dan Tahu Bacem agar Terasa Lebih Lezat

Membuat tempe dan tahu bacem (Foto : Endeustv)

JAKARTA, iNews.id - Tempe dan tahu merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Biasanya, tempe dan tahu lebih mudah digoreng.

Tetapi, jika bosan membuat tempe dan tahu goreng, Anda bisa membuat baceman. Baceman adalah salah satu cara memasak dengan cara merebus bahan makanan dalam waktu yang lama dengan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan.

Tahu dan tempe bacem menjadi salah satu lauk populer terutama di Jawa. Cara memasak tahu dan tempe bacem ini sebenarnya cukup mudah, yaitu tahu dan tempe dimasak dengan bumbu dalam waktu yang lama.

Namun, salah satu kendala membuat makanan ini adalah tahu yang sering hancur dan tempe yang kurang sedap. Berikut ini adalah beberapa tips membuat tahu dan tempe bacem yang lezat dan tidak mudah hancur seperti dikutip dari Endeustv.

1. Kukus tahu

Tahu mempunyai tekstur yang rapuh dan mudah hancur. Biasanya tahu akan semakin mudah hancur bila dimasak dalam waktu yang lama dan bersama dengan tempe yang teksturnya keras.

Untuk menyiasatinya, kukus tahu terlebih dahulu selama 15 menit agar teksturnya menjadi lebih kokoh. Mengukus tahu juga membuat tahu lebih tahan lama dan tidak mudah basi. Jika tidak ingin mengukus, goreng tahu setengah matang sebelum kemudian dimasak dengan bumbu bacem

2. Buat bumbu halus

Kelezatan bacem terletak pada bumbu-bumbunya. Bumbu yang digunakan untuk membuat bacem tidak terlalu banyak, cukup bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Pastikan semua bumbu sudah dihaluskan dengan baik agar mudah meresap pada tahu dan tempe.

3. Gunakan gula merah berkualitas

Bacem memiliki rasa yang manis karena menggunakan gula merah. Agar tempe dan tahu bacem mempunyai rasa yang lezat dan terlihat menarik, pastikan pilih gula merah yang berkualitas.

Pilih gula merah berwarna cokelat tua agar warna bacem lebih menyala. Selain gula merah, bisa menambahkan sedikit kecap manis untuk membuat tampilan bacem menjadi lebih cantik.

4. Masak tahu dan tempe bacem

Cara lain agar tahu tidak mudah hancur adalah, masak bacem secara terpisah. Masak tahu dan tempe bacem dalam wajan terpisah. Masak semua bahan tahu dan tempe bacem dengan bumbu dan rempah selama beberapa jam sambil sesekali balik agar bumbu meresap sempurna.

5. Panggang tahu dan tempe bacem

Jika air rebusan sudah menyusut, tandanya bacem tahu dan tempe sudah matang. Tahu dan tempe bacem bisa langsung dikonsumsi atau disebut dengan baceman basah. Namun, tahu dan tempe bacem juga nikmat dipanggang agar bagian luar sedikit krispi.

Editor : Vien Dimyati